Sesama Pemimpin Taliban Dikabarkan Baku Hantam

  • Bagikan

BERITA9, JAKARTA – Kantor berita BBC melaporkan adanya pertikaian sengit diantara para pemimpin Taliban terkait klaim siapa yang paling berhak menentukan pembentukan pemerintahan baru di Afganistan.

Pertikaian itu dikonfirmasi seorang pejabat senior Taliban tulis lapiran BBC, Rabu (15/9/2021),

“Pertengkaran antara salah satu pendiri kelompok Mullah Abdul Ghani Baradar dan seorang anggota kabinet terjadi di istana kepresidenan,” kata mereka.

Baca Juga: Jepang Rilis Peningkatan Terorisme di Indonesia dan 5 Negara

Menukil laporan tersebut, diantara pemimpin Taliban belum ada kesepakatan yang belum dikonfirmasi dalam kepemimpinan Taliban sejak Baradar menghilang dari pandangan publik dalam beberapa hari terakhir. Namun laporan ini telah secara resmi dibantah.

Taliban menguasai Afghanistan bulan lalu, dan sejak itu Taliban menyatakan Afghanistan sebagai “Imarah Islam”.

Kabinet sementara baru mereka seluruhnya dikuasai laki-laki yang berasal dari tokoh-tokoh senior Taliban. Beberapa di antaranya terkenal karena serangan terhadap pasukan AS selama dua dekade terakhir.

Baca Juga: Indonesia Minta Rejim Taliban di Afghanistan Tak Jadi Sarang Teroris

Menurut laporan tersebut yang berasal dari salah satu sumber Taliban mengatakan kepada BBC Pashto, bahwa Baradar dan Khalil ur-Rahman Haqqani yakni menjabat sebagai menteri pengungsi dan dikenal sebagai tokoh terkemuka dalam jaringan militan Haqqani saling memaki keras, disaat pengikut mereka saling berkelahi di dekatnya.

Seorang anggota senior Taliban yang berbasis di Qatar dan seseorang yang terkait dengan mereka yang terlibat juga membenarkan bahwa satu pertengkaran telah terjadi akhir pekan lalu.

Sumber tersebut mengatakan argumen itu pecah karena Baradar, wakil perdana menteri yang baru, tidak senang dengan struktur pemerintahan sementara.

loading...
  • Bagikan