Rusia Mulai Tebar ‘Gertakan Serius’ ke Inggris

  • Bagikan

BERITA9, JAKARTA – Kementerian Luar Negeri Rusia mengeluarkan pernyataan pedas ke pemerintah Inggris terkait dukungannya kepada Ukraina, Sabtu (5/3/2022) waktu setempat.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova berkata Rusia “tidak akan lupa” pada kerja sama Inggris dengan “pasukan ultra-nasionalis Ukraina”.

“Histeria sanksi di mana London memainkan peran terdepan, kalau bukan peran utama, tidak memberi kami pilihan kecuali mengambil tindakan balasan yang setimpal,” kata Zakharova seperti dikutip media lokal.

Dia menambahkan semua kepentingan Inggris di Rusia akan diabaikan oleh Moskwa.

Rusia selalu menggunakan narasi bahwa warga sipil di Ukraina menghadapi ancaman bukan dari pasukan Rusia, tetapi dari kelompok “nasionalis Ukraina”.

Inggris menjadi salah satu negara yang paling cepat merespons invasi Rusia dengan memberi bantuan senjata ke Ukraina dan melancarkan sanksi ekonomi terhadap Rusia.

Misalnya, pemerintah Inggris menekan raksasa minyak BP untuk melepas sahamnya di perusahaan BUMN Rusia.

Selain itu, Inggris dengan murah hati memberikan informasi intelijen tentang posisi terkini pasukan Rusia di Ukraina dan menyebarkannya lewat Twitter agar mudah dipantau publik.

Inggris juga negara pertama yang menerapkan sanksi larangan masuk bagi maskapai asal Rusia.

Meskipun bukan lagi anggota Uni Eropa, sanksi-sanksi yang dilancarkan Inggris terhadap Rusia sejalan atau malah lebih berat daripada yang diterapkan organisasi tersebut. (*)

  • Bagikan