Subsidi Listrik Desa Karangharjo dari PTPN XII Kalirejo, Diduga Dikuasai Sepihak Kepala Desa

  • Bagikan

BERITA9, BANYUWANGI – Warga Desa Karangharjo Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi yang tinggal di area perkebunan PTPN XII Kalirejo mendapatkan bantuan Listrik Desa (Lisdes). Rumor yang berkembang saat ini, warga tetap diminta membayar biaya pemasangan setiap rumah Rp3 juta. Padahal PTPN XII Kalirejo telah menyerahkan subsidi bagi warga.

Akibatnya, warga perkebunan harus rela berhutang ke koperasi PTPN XII Kalirejo. Pembayaran pinjaman itu dipotong dari gaji mereka sebagai karyawan kebun.

Amin salah seorang Warga kebun asal Afdeling Sukorejo PTPN XII Kalirejo mengatakan, informasi yang didapat warga, ternyata PTPN XII Kalirejo sudah memberikan subsidi pemasangan listrik sebesar Rp1 juta untuk setiap rumah yang dialiri listrik. Sayangnya, dana subsidi itu belum pernah diterima warga serupiah pun. “Saya dapat info Pak Wamen (wakil manager-red),”

Amin menjelaskan, subsidi dari PTPN XII Kalirejo sebesar Rp1 juta setiap rumah karyawan itu sudah cair pada bulan Desember 2017 lalu. “Dana subsidi diterima oleh Kades Karangharjo, Miskawi,” jelas Amin kepada tim liputan BERITA9 Rabu (18/4/2018).

Amin mengaku setelah mendapat informasi tersebut dirinya langsung menemui Kades Karangharjo, Miskawi di kantornya untuk mempertanyakan dana bantuan dari perkebunanan PTPN XII Kalirejo, kepada Amin kades Miskawi mengaku kalau sudah terima dana dari PTPN XII Kalirejo.

“Pak Lurah mengakui, dana dari PTPN XII Kalirejo sudah diterima. Tetapi Pak Kades tidak mau kasih ke warga, alasannya uang Pak Kades masih banyak ditangan warga, jika nanti warga sudah melunasi maka dana tersebut akan diberikan,” ungkap Amin.

Total dana subsidi yang saat ini masih dikuasai Kades Karangharjo, Miskawi diperkirakan sebanyak Rp 101 juta. Dana itu dialokasikan untuk bantuan Lisdes di Afdeling Sukorejo 21 rumah, dan Afdeling Sekarbaru sebanyak 80 rumah.

Sementara itu, Wamen PTPN XII Kalirejo, Purwijadi didampingi Kepala Bagian Umum, Alan, membenarkan jika dana tersebut sudah direalisasikan oleh pihak kebun PTPN XII Kalirejo. “Kami (PTPN XII Kalirejo-red) sudah tidak mempunyai tanggungan terkait bantuan Lisdes untuk warga desa Karangharjo yang tinggal diwilayah perusaha√†n kebun. Semua sudah dibayar lunas kepada kontraktornya,” kata Purwijadi kepada tim liputan BERITA9 Kamis (19/4/2018).

Alan mengatakan, PTPN XII Kalirejo sudah mengeluarkan dana Rp 100juta lebih untuk bantuan Lisdes, “Soal berapa yang diterima, silakan tanya ke Kades Miskawi,” ujarnya.

Hingga berita ini ditayangkan, Kades Karangharjo Miskawi belum bisa ditemui karena tidak berada dikantornya. Handphone Muskawi juga tidak bisa dihubungi karena sering dimatikan. Beberapa di datangi ke kantornya beberapa staf desa bilang Miskawi (selalu) sedang rapat di kantor kecamatan. (red)

Laporan Biro Banyuwangi : Joko Prasetyo

  • Bagikan