oleh

KPK Kecewa MA Kabulkan PK Koruptor

BERITA9, JAKARTAKomisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku kecewa dengan sikap Mahkamah Agung (MA) yang mengabulkan penijauan kembali (PK) yang diajukan terpidana koruptor.

Dalam catatan KPK, setidaknya ada 20 koruptor yang mendapat keringanan hukuman dari garda terakhir penegakkan hukum di Indonesia.

KPK menyayangkan obral potongan hukuman yang dilakukan MA,  sebagai sikap yang tidak akan memberi efek jera bahkan menyuburkan praktik korupsi di Indonesia.

“Efek jera yang diharapkan dari para pelaku korupsi tidak akan membuahkan hasil. Ini akan semakin memperparah berkembangnya pelaku korupsi di Indonesia,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Selasa (22/9/2020).

Namun, KPK menghormati putusan yang dikeluarkan MA dan berharap fenomena ini tidak berkepanjangan.

Baca Juga: MA Bantah Pernyataan KPK, Ini Daftar Koruptor Yang Mendapat Remisi

“Fenomena ini juga akan memberikan image buruk dihadapan masyarakat yang makin kritis terhadap putusan peradilan yang pada gilirannya tingkat kepercayaan publik atas lembaga peradilan pun semakin tergerus,” kata Ali.

Oleh sebab itu, Ali menegaskan, perlu ada komitmen kuat dari seluruh pihak untuk memberantas korupsi sebagai kejahatan luar biasa.

“Dimulai dari pimpinan negara ini hingga penegak hukum harus memiliki visi yang sama utamanya dalam upaya pemberantasan korupsi,” ujar Ali. (red)

loading...

News Feed