Dikabarkan Tak Berijin, Begini Kata Pemilik Tambang Galian C di Desa Bareng Banyuwangi

  • Bagikan
Keterangan foto:Ilustrasi.

BERITA9, BANYUWANGI – Meski banyak pelaku tambang galian C di Kabupaten Banyuwangi yang diamankan aparat penegak hukum lantaran tidak mengantongi ijin. Namun tidak membuat pelaku tambang ciut nyali dan jera. 

Seperti halnya tambang galian C yang ada di Desa Bareng Kecamatan Kabat, Banyuwangi, Jawa Timur. Meski diduga tidak mengantongi ijin, galian C tersebut tetap saja beroperasi dengan aman. Padahal tambang tersebut sudah beroperasi cukup lama.

Seperti yang disampaikan K, salah satu pelaku tambang galian C, asal Banyuwangi. Kepada awak media ia menyebut jika tambang galian C milik Didik dii Desa Bareng, Kecamatan Kabat, Banyuwangi kabarnya tidak mengantongi ijin.

“Kabarnya tambang galian C di Desa Bareng, Kecamatan Kabat itu juga tak berijin,”kata pria yang enggan disebutkan namanya tersebut. Jum,at, (15/4/2022).

Sahroni, Kepala Desa (Kades) Bareng, Kecamatan Kabat, Banyuwangi, kepada awak media mengatakan jika tambang galian C tersebut adalah tanah pribadi milik penambangnya, yaitu Pak Didik.

“Pak Didik mengirimkan surat pemberitahuan ke Pemerintah Desa (Pemdes) soal kegiatan tersebut,” ucap Kades Bareng, Banyuwangi. Jum,at, (15/4/2022).

Saat disinggung soal perijinanya, Kades Bareng tersebut meminta kepada wartawan untuk langsung menanyakan ijin – ijin  tambang galian C tersebut kepada Didik. Alasanya karena tambang galian C tersebut milik Didik.

“Yang enak langsung tanyakan dan komunikasi dengan beliau Pak Didik,” ungkap Sahroni, Kades Bareng.

Sementara Didik selaku pemilik tambang galian C di Desa Bareng, Kecamatan Kabat saat dikonfirmasi soal ijin tambang miliknya mengaku jika tambang tersebut sudah ada ijinnya.

“Ber izin itu pak,” katanya melalui sambungan whastsappnya. Jum,at, (15/4/2022).

Kepada wartawan Didik mengaku jika ijinya sudah berjalan 80%.

“Sudah 80%,”ujarnya.

Selain itu Didik menjelaskan jika ia mengurus ijin memakai dasar perijinan, pasalnya disitu sudah di jelaskan pasal pasalnya.

“Dasarnya ya dari perizinan, di sana sudah ada pasal pasal, karena sekarang perizinan harus ke SDM bukan di T2P pak,” ungkap Didik pemilik tambang galian C di Desa Bareng Kecamatan Kabat, Banyuwangi, Jawa Timur. (*)

  • Bagikan