oleh

Hasil Pemeriksaan, Kematian Penyu di Pantai Pulau Merah Banyuwangi Disebabkan Sampah Plastik

BERITA9, BANYUWANGI – Kematian 2 ekor satwa langka penyu di pantai Pulau Merah, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, pada 10 Februari 2020, ternyata disebabkan sampah plastik. Fakta tersebut terungkap dalam konferensi pers yang digelar Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur, diaula Kecamatan Pesanggaran, Jumat (6/3/2020).

Kepala Seksi Konservasi Wilayah V Banyuwangi, Purwantono, S.Hut, M.P, selaku perwakilan BKSDA Jawa Timur menjelaskan, kedua penyu mati memiliki jenis yang berbeda. Yakni penyu Hijau dengan jenis kelamin jantan dengan usia antara 10-15 tahun. Dan penyu Sisik betina usia diatas 15 tahun.

Demi memastikan penyebab kematian, kedua bangkai penyu dikirim ke Unit Pengujian Venteriner dan Analisis Pakan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, untuk dilakukan pemeriksaan Patologi Anatomi.

“Kematian penyu hijau diduga secara mendadak, dengan indikasi masih adanya sisa makanan disaluran kerongkongan. Juga ditemukan benda asing berupa plastik dan senar pada rongga intra coelomic,” kata Purwantono.

Untuk kasus penyu hijau, Unit Pengujian Venteriner dan Analisis Pakan FKH Unair yang diketuai, Dr Hj Hani Plumeriastuti, M.Kes, drh, menyimpulkan bahwa kematian disebabkan Suspek Pneumonia Asfiksia atau tenggelam. Dan saat ditemukan, penyu sudah mati lebih dari lima hari.

“Sedang untuk penyu sisik, diduga karena adanya benda asing berupa plastik pada seluruh segmen usus dan mukosa usus tampak pendarahan,” jelasnya.

Rumusan kesimpulan penyebab kematian akibat total impaksi usus. Dan ketika ditemukan, penyu sudah mati lebih dari 3 hari.

Atas kondisi ini, BKSDA Jawa Timur, mengimbau seluruh masyarakat, khususnya diwilayah Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, untuk tidak membuang sampah ke sungai. Terutama sampah jenis plastik. Karena saat terbawa aliran sungai hingga ke laut, dikhawatirkan akan mengancam kelestarian satwa langka penyu.

“Ditempat lain pernah kita lihat ada penyu yang makan sedotan,” ungkap Purwantono.

Disisi lain warga diharap tidak mudah terprovokasi. Mengingat terkait kematian penyu di pantai Pulau Merah, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, terdapat pihak yang memberi informasi diduga dengan tanpa kompetensi. Atau disinyalir tanpa dasar, sehingga memicu kegaduhan serta gangguan kondusifitas masyarakat lokal. (red)

Laporan: Joko Presetyo

loading...

News Feed