Forpimka Kecamatan Kalibaru Banyuwangi, Tinjau Kandang Ayam Yang Resahkan Warga

  • Bagikan

BERITA9, BANYUWANGI – Forpimka Kecamatan Kalibaru tinjau kandang ayam milik PT. Join Novelee Java, yang berada di Dusun Barurejo Desa Kalibaru Manis Kecamatan Kalibaru.

Di ketahui, dalam pemberitaan sebelumnya bahwa kandang ayam tersebut di duga penyebab banyaknya lalat dan bau tak sedap sehingga sangat menganggu aktivitas warga sekitar kandang ayam petelur tersebut.

Kehadiran Camat Kalibaru Ahmad Nuril Falah Kapolsek Kalibaru AKP Abdul Jabar dan Danramil Kalibaru serta pagawai puskesmas dan juga Kepala Desa (kades) Kalibaru Manis Ahmad Sari tersebut, dalam rangka meninjau lapang kandang ayam.

Sebelum meninjau lokasi kandang ayam, rombongan forpimka tersebut melihat kondisi sekolah dan murid SDN 8 Kalibarumanis.

Disela tinjauanya Nuril Falah mengatakan, kedatanganya karena mendapat laporan dari warga jika kandang ayam tersebut mengeluarkan bau dan ribuan lalat hingga aktivitas warga terganggu, “katanya.

Selain hal tersebut, lanjutnya, kita juga menerima surat pengaduan dari pihak sekolah SDN 8 Kalibaru Manis, oleh sebab itu kita cek kebenaran berita tersebut.

Kita juga harus memikirkan semuanya, baik perusahaan dan juga dampaknya kepada masyarakat. Dirinya atas nama Forpimka akan mencarikan solusi biar sama – sama berjalan,”tambahnya.

Sementara Marjono, salah seorang penanggung jawab PT. Join Novelee Java, dirinya membenarkan jika bau dan lalat tersebut disebabkan oleh kotoran ayam, pasalnya kotoranya terlalu banyak menumpuk karena kesusahan membuangnya di sebabkan minimnya lokasi pembuangan. Namun kendati demikian dirinya tetap akan berusaha mencarikan solusi agar persoalan tersebut, cepat segera terselesaikan.

Saat ini lagi kita bangun pabrik pengering kotoran dan lagi berjalan, rencananya kurang lebih tiga bulan proses pabrik pengering kotoran akan segera selesai,” jelasnya. (red)

Laporan : Joko Prasetyo

  • Bagikan