oleh

Era New Normal, PCNU Banyuwangi Berinisiatif Pembukaan Pesantren

BERITA9, BANYUWANGI – Pandemi Covid -19 yang belum menunjukan kejelasanya, maka Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyuwangi, berinisiatif akan membuka kegiatan kegiatan yang bersifat keagamaan seperti tahlilan, pendidikan dan sosial pesantren.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Tanfidziah PCNU Banyuwangi, H. Ali Makki Zaini, dalam acara Halal – bihalal bersama para pengurus badan otonom (Banom) yang bertempat di Aula Kantor NU Banyuwangi, Jumat (29/5/2020).

Menurutnya, menghadapi situasi Pandemi Covid -19 ini tidak bisa hanya berdiam diri, melainkan harus segera dilakukan penyesuaian dengan memperhatikan aspek kesehatan yang berlaku.  Yang akan kita gerakan diantaranya adalah Lailatul ijtima dan Tahlilan.

” Di bidang pendidikan, PCNU juga mulai mendorong kalangan Pesantren untuk segera mengawali kegiatan. Langkah ini menjadi penting karena santri tidak bisa dibiarkan terlalu lama di rumah. 
“Beberapa pesantren kita dorong membuka kegiatan,” terangnya.

H. Makki juga menegaskan, ide tersebut tentu dijalankan dengan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid -19 dan juga New Normal. Tidak hanya itu, sebelum penerapan ini disampaikan kepada kalangan Nahdliyyin, PCNU akan melakukan sosialisasi dengan melibatkan pihak kesehatan baik dari dinas kesehatan maupun Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RSNU). Secara khusus, PCNU akan melakukan sosialisasi permulaan kepada jajaran pesantren se Kabupaten Banyuwangi. 

” Akan ada halal bihalal dan sosialisasi bersama pengasuh pesantren,”jelasnya.
Ketua PCNU Kabupaten Banyuwangi tersebut berharap, depan, setiap pesantren akan mendapat pendampingan secara khusus dari masing-masing Puskesmas.

” Diharapkan masing masing pesantren akan didampingi Puskemas,” pungkasnya. (red)

Laporan: Ahmad Sahroni.

loading...

News Feed