oleh

Apkasi Usulkan UMKM Lokal Harus Dilibatkan Dalam Penyediaan APD Pilkada

BERITA9, BANYUWANGI – Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Abdullah Azwar Anas mengusulkan kepada KPU dan pemerintah pusat agar penyediaan alat pelindung diri dan berbagai produk penunjang protokol kesehatan untuk Pilkada dilakukan di daerah dengan melibatkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal. 

”Di daerah sudah banyak UMKM yang terbukti bisa memproduksi APD, pelindung wajah, tong air dengan manufaktur skala kecil di bengkel-bengkel daerah, hand sanitizer berbahan baku tanaman lokal, dan sejenisnya. Ini penting dilibatkan agar Pilkada serentak bisa menjadi bagian dari upaya pemulihan ekonomi lokal yang terpukul karena pandemi Covid-19,” ujar Anas, Jumat (5/6/2020).

Baca Juga : Wah, Ada Biaya Rp 4 Juta Lebih Dalam PPDB SMAN Darussholah Singojuruh Banyuwangi

Anas menyampaikan hal itu saat mengikuti rapat koordinasi Pilkada serentak secara virtual bersama Menkopolhukam Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Ketua Bawaslu RI Abhan, sejumlah komisioner KPU, dan Ketua DKPP Prof. Muhammad.

Anas mengatakan, pemerintah pusat telah mengeluarkan panduan pilkada, termasuk protokol kesehatannya. Baik petugas KPPS maupun pemilih harus dipastikan sama-sama terlindung dari potensi penularan Covid 19.

“Dalam panduan disebutkan, salah satunya petugas menggunakan APD, masker, face shield, sarung tangan,” katanya.

Demikian juga pemilih harus melalui pengecekan suhu, memakai masker dan disediakan sarung tangan plastik sekali pakai,” terang Anas.

loading...

News Feed