oleh

Diduga Bingkisan Kadaluwarsa, Puluhan Warga Sampangan Muncar Datangi PT Sumber Yala

BERITA9, BANYUWANGI – Puluhan warga Dusun Sampangan, Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, Banyuwangi, demo perusahaan pengalengan ikan PT Sumber Yala Samudra. Mereka marah lantaran bingkisan berisi sarden dan minuman kaleng kedaluwarsa.

Dimana warga penerima sempat ada yang muntah-muntah setelah mengkonsumsi bingkisan tersebut.

“Kami memang hanya diberi, tapi jika diberi makanan yang kadaluwarsa itu kan tidak manusiawi, kami merasa akan dicelakai,” ucap salah satu warga sekitar PT Sumber Yala Samudra.

Kemarahan masyarakat memang cukup beralasan. Karena ketidaktahuan, sarden dan minuman kaleng kadaluwarsa sempat ada yang sudah dibuka dan dikonsumsi. Akibatnya ada warga penerima yang sampai muntah-muntah usai menikmati bingkisan lebaran dari PT Sumber Yala Samudra tersebut.

Tokoh masyarakat setempat, Muhammad Taji menyampaikan, dia bersama, H Sunar, Kamis kemarin (21/5/2020), sempat menemui pihak perusahaan. Mereka menyampaikan keluhan warga tentang bingkisan lebaran yang berisi sarden dan minuman kaleng kadaluwarsa.

“Tapi disitu pimpinan perusahaan mengelak dan menyampaikan bahwa sarden dan minuman kaleng dalam bingkisan lebaran tidak ada masalah walau sudah 1 tahun,” cetusnya.

Disisi lain, masyarakat menyampaikan bahwa sarden dan minuman kaleng ketika dibuka kondisinya dinilai sudah tidak layak. Ketika dicicipi rasanya masam.

“Yang sudah terlanjur makan saja akhirnya muntah-muntah,” ungkap Taji.

Untuk diketahui, diantara sarden bingkisan lebaran PT Sumber Yala Samudra, tertera expired 150220 kalau biasa dibaca masa berlaku hingga 15 Februari 2020.

Informasi dilapangan, usai mendapat keluhan, pihak PT Sumber Yala Samudra, menarik kembali sebagian bingkisan lebaran yang sudah dibagikan kepada masyarakat sekitar perusahaan. Yang belum sempat diambil, oleh warga dikumpulkan jadi satu.

“Bisa di cek dilapangan, yang dapat bingkisan lebaran dari PT Sumber Yala Samudra ini masyarakat mulai RT 2 sampai RT 33, Dusun Sampangan, Desa Kedungrejo, Muncar,” katanya.

Disebutkan, demo bingkisan lebaran ini adalah klimaks kekecewaan masyarakat atas performance PT Sumber  Yala Samudra, Muncar. Karena sebelumnya warga sudah memendam uneg-ueng atas polusi debu imbas penggunaan batu bara di perusahaan pengalengan ikan tersebut.

Sayang, hingga kini awak media belum berhasil konfirmasi kepada pihak PT Sumber Yala Samudra. (red)

loading...

News Feed