Warga Jabodetabek Harap Catat, 16-30 Januari 2022 Cuaca Ekstrem !

  • Bagikan
Cuaca ekstrem (Foto google)

BERITA9, BANDUNG – Tim Variabilitas Iklim dan Awal Musim dari Pusat Riset Sains dan Teknologi Atmosfer, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), memprediksi hujan ekstrem di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) pada Januari 2022.

Potensi hujan ekstrem diakibatkan karena aktivitas angin permukaan dari utara yang sangat kuat melintasi ekuator.

Dalam istilah ilmiah, fenomena itu disebut sebagai gelombang utara lintas khatulistiwa atau Cross-Equatorial Northerly Surge (CENS).

“Musim hujan di sebagian besar wilayah selatan Indonesia akan berlangsung sejak Oktober ini dan periode puncak dengan maksimum hujan terjadi pada Januari 2022,” kata anggota tim Erma Yulihastin, Jumat ‘(15/10/2021).

Baca Juga:

Kata Erma, selama Januari 2022, aktivitas CENS akan menimbulkan angin background, atau angin yang berada di area sekitar lokasi terjadinya hujan pada jangkauan area seluas 200×500 kilometer persegi.

Tim Variabilitas Iklam BRIN memprediksi hujan ekstrem di wilayah Jawa Barat, angin itu akan terjadi sekitar 16-30 Januari.

Baca Juga :

Kejadian hujan ekstrem, menurut Erma, dapat terjadi saat angin background berinteraksi dengan angin dari barat sekitar 19-25 Januari 2022.

“Interaksi angin dari utara dan barat yang sangat kuat pernah terjadi pada kejadian hujan ekstrem penyebab banjir Jabodetabek 24-25 Februari 2021,” katanya. (red)

  • Bagikan