oleh

TN Baluran Situbondo Gelar Patroli di Kecamatan Jangkar

BERITA9. SITUBONDO – Kegiatan patroli kembali digelar petugas Taman Nasional (TN) Baluran di Kecamatan Jangkar Kabupaten Situbondo, Jawa Timur  Senin (12/10/2020).

Kegiatan patroli dilakukan petugas gabungan, meliputi petugas TN Baluran, Perum Perhutani, TNI Polri serta Kepala Desa Kumbang Sari Kecamatan Jangkar.

Kordinator patroli Dikaryanto mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya preventif serta sosialisasi menjaga lingkungan hutan kepada pemilik usaha meuble.

Baca Juga: Darurat, Jembatan Jalan Desa Sletreng Situbondo Ambrol

Selain itu, petugas juga memeriksa kelengkapan dokumen bahan baku yang mereka digunakan.

Pemeriksaan dokumen perijinan bahan kayu sebagai upaya menekan terjadinya pembalakan liar atau pemanfaatan hasil hutan secara ilegal.

“Tidak perlu takut, ini hanya sosialisasi, ke setiap pemilik usaha meuble, memeriksa kelengkapan surat-surat dan memberikan pemahaman kepada setiap pemilik usaha, terkait bahan baku yang digunakan, baik ijin usaha dan semacamnya,” kata Dikaryanto.

Operasi diketahui dilakukan Kamis (18/6/2020). Diawali di lima Desa se Kecamatan Banyuputih, menyusul kemudian 10 Desa di Kecamatan Asembagus dan di Kecamatan Jangkar tepatnya di Desa Kumbang Sari.

Baca Juga: Tips Dokter Untuk Peserta Demo UU Ciptaker Terhindar Corona

Di Desa Kumbang Sari diketahui ada lima pemilik usaha meuble, masing masing di Dusun Dawuhan RT 02 RW 10 milik Abd Basit di Dusun Kaju Rajhe milik Pak Kusnadi dan Haji Maulana, sedangkan di Dusun Toroi RT 01 RW01 milik Slamet.

Patroli preventif ini akan dilakukan selama lima hari kedepan, diawali sejak senin 12 oktober 2020 hingga tanggal 16 oktober 2020.

Dari 4 pengrajin meuble, hampir keseluruhan tidak ada yang bekerja, akibat dari pandemi covid 19.

Kepala Desa Kumbang Sari, Syamsuyono berterimakasih kepada para petugas yang telah memberikan pemahaman kepada semua pengrajin di Desanya.

“Saya mengajak pengusaha meuble memiliki dokumen ijin usaha dan menjaga lingkungan,” pungkas Syamsuyono. (*)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed