Tiga Desa di Kecamatan Onolalu Nias Selatan, Akhirnya Dialirin Listrik

  • Bagikan
Parlindungan Purba, SH.,MM didampingin Wabup Nias Selatan Sozanolo Ndruru saat berbincang dengan warga (foto suherti/BERITA9)

​BERITA9, NIAS SELATAN – Setelah menunggu hingga bertahun-tahun, akhirnya warga ditiga desa yang ada di Kecamatan Onolalu, Kabupaten Nias Selatan yaitu Desa Hilifalago, Desa Hilifalago Raya dan Desa Hilifarono telah dialirin listrik. Pembangunan listrik ditiga desa tersebut setelah warga mengusulkannya kepada pemerintah beberapa tahun silam. Sebelumnya warga hanya memakai genset. Walau sempat dibatalkan ditahun 2015, kini warga sambut baik aliran listrik tersebut. 

Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba saat berkunjung di Desa Hilifalago, Jumat (5/5/2017), menyampaikan Kedatangannya untuk meninjau pembangunan listrik ditiga desa di kecamatan Onolalu yaitu Hilifalago, Hilifalago Raya dan Hilifarono yang dikerjakan sejak tahun 2016. “Tujuan saya berkunjung didesa ini untuk meninjau langsung pembangunan listrik yang diusulkan warga sejak tahun 2014. Meskinpun tahun 2015 sempat gagal karena beberapa faktor gangguan, tapi ditahun 2016 dilanjutkan dan saat ini dinikmati warga,” katanya. 

Sementara itu salah seorang warga Desa Hilifalago yang juga merupakan anggota DPRD Nias Selatan Kariawan Bago mengatakan, sejak Indonesia merdeka, tiga desa yang ada dikecamatan onolalu belum pernah dialirin listrik dan saat ini warga sangat berterimakasih setelah listrik dialirin 2016 yang lalu. Sudah berapa kali diusulkan dan baru saat ini direspon. 

“Puluhan tahun Indonesia merdeka desa kami belum dialirin listrik dan sejak kami usulkan tahun 2014 lalu kepada pemerintah melalu Pak Palindungan Purba, tahun 2016 mulai di bangun dan saat ini telah dinikmati oleh warga. Kami juga berterimakasih kepada pemerintah dan Ketua Komite II DPD RI yang memperjuangkan listrik didesa kami,” ungkap Kariawan. 

Pada kunjungan kerja Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba didampingi oleh Wakil Bupati Nias Selatan Sozanolo Ndruru, Anggota DPRD Nias Selatan Kariawan Bago, Manager PLN Rayon Telukdalam Marijan Rajaguguk, perwakilan PLN Nias, Camat Onolalu serta sejumlah tokoh dari ketiga desa tersebut.

Selain itu kedatangannya di desa tersebut, disambut secara adat dan memberikan nama gelar adat kepada Parlindungan Purba yaitu Tuha Nahono Bago. (red)

 (Baca: Parlindungan Purba Diberi Gelar Adat Nias Selatan “TUHA NAHONO BAGO”)

Laporan Biro Nias Selatan, Suherti Yanus Dakhi

  • Bagikan