oleh

Puluhan Ton Hasil Nelayan Mimbo Sumberanyar Terbuang Percuma

BERITA9, SITUBONDO – Warga nelayan Mimbo Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo, boleh berbangga hati. Sebab, setiap kali melaut, hasil yang didapat sangat berlimpah.

Selama sepekan nelayan melaut bisa mendapatkan hasil yang melimpah. Sebagian besar warga lebih memilih ikut melaut dibanding beraktifitas didaratan.
Warga menyakini dilaut tidak virus korona.

Selama sepekan melaut, hasil tangkapan nelayan cukup lumayan. Puluhan perahu jenis seleret, bisa membawa pulang hasil laut paling sedikit 5 ton satu perahu. Ikan yang didapat bisa berbagai jenis.

Hasil liputan BERITA9 di pesisir pantai Mimbo, pendapatan ikan yang diperoleh nelayan setempat,  tergolong jenis ikan bagus atau layak dikonsumsi dengan kisaran harga paling tinggi Rp.15ribu per kilogram. Sedangkan yang rusak hanya laku dijual seharga seribu rupiah perkilogram. Kalau tak mau dijual, nelayan membuangnya kembali ke laut.

Dengan hasil laut yang melimpah tersebut, warga berharap, pemerintah pusat atau provisi bisa membangun tempat pelelangan ikan (TPI) dan pabrik pengolahan ikan yang rusak tapi tetap layak konsumsi.

Selama ini, nelayan Mimbo harus menjual hasil tangkapannya keluar Situbondo. Wilayah yang terdekat yakni ke Bondowoso dan Banyuwangi.

“Hanya bisa berharap saja pak, kan bagus kalau ada pasar sendiri dan disediakan pabrik pengolahan ikan yang tidak layak makan, dijadikan tepung, daripada dibuang kembali ke laut,” ungkap Wahyudi nelayan Mimbo kepada BERITA9 Kamis (25/6/2020).

Selama seminggu ini hasil tangkapan yang diperoleh para nelayan ikan layang, dengan ukuran sebesar jari telunjuk.

Dari hasil tangkapan sebanyak 5 ton ikan, yang bisa dijual dengan harga cukup mahal berkisar 2,5 sampai 3 ton saja. Sedangkan sisanya melekat dimata jaring yang sulit diambil. Akibatnya ikan rusak dan hancur saat diambil paksa (red)

Laporan Biro Situbondo : Sutikno

loading...

News Feed