Pasca Rusuh, Kondisi Timika Sudah Aman

  • Bagikan

BERITA9, TIMIKA – Pasca rusuh antardua kelompok warga di Timika, Kabupaten Mimika, Papua, situasi keamanan dan aktifitas masyarakat di sana berangsur normal. Meski demikian, aparat masih berjaga-jaga di sejumlah titik.

Kepala bagian operasional (Kabag Ops) Polres Mimika, Kompol I Nyoman Punia, mengatakan situasi di Kota Timika sudah kondusif. Hal ini terjadi pasca-ditandatanganinya dokumen pernyataan damai antar-tokoh masyarakat dari dua kelompok warga yang bertikai.

“Situasi sudah kondusif, tidak ada lagi kelihatan warga yang berkeliaran bawa sajam (senjata tajam), tidak ada lagi yang bergerombol,” kata I Nyoman Punia saat berjaga-jaga di Jalan Budi Utomo, Timika, Sabtu (28/5/2016).

Menurut dia, masyarakat yang terlibat konflik sudah bisa menerima dan mentaati kesepakatan perdamaian yang dibuat. “Kami lihat semua sudah mau mentaati kesepakatan yang dibuat. Saya bersyukur mudah-mudahan ini terus akan kondusif,” jelasnya.

Punia menambahkan, aktivitas perekonomian khususnya di sekitar Jalan Budi Utomo yang merupakan lokasi bentrok tampak ramai lagi dan sudah dilalui masyarakat. Sebelumnya jalan itu diblokir oleh warga hingga lumpuh total.

“Toko-toko sudah mulai buka, masyarakat sudah merasa aman dan tidak ada lagi saling bermusuhan dan mereka menerima semua,” imbuhnya. Tapi anggota kami masih tetap di stanby-kan, mungkin masih beberapa hari untuk lebih kondusif. Kalau memang sudah betul kondusif, berangsur-angsur kami kurangi,” terangnya. (red)

  • Bagikan