Massa Aksi Mengalir dari Tanah Abang, Macet Parah Bro!

  • Bagikan
Massa yang mnemakan dirinya aksi reuni 212 di Jalan Jati Baru sisi Tanah Abang, Jakarta Pusat. (Foto: Budi/BERITA9)

BERITA9, JAKARTA – Larangan Polisi agar massa tidak menggelar aksi 212 nampaknya tak berpengaruh banyak. Buktinya, seratusan massa dalam kelompok besar bergerak dari kawasan Tanah Abang menuju bundaran Patung Kuda, Kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (2/12/2012).

Dari pantauan berita9.net di lapangan, massa yang didominasi pakaian serba putih berkonvoi mulai dari Jalan Jati Baru, hingga ke Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat.

Akibatnya, kemacetan panjang mewarnai aksi tersebut. Jadwal perjalanan bus Transjakarta juga kacau karena kendaraan sempat berhenti lama di kawasan Pasar Tanah Abang karena tak bisa melaju.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Tidak Keluarkan Ijin Reuni 212

Gegara aksi tersebut, Polda Metro Jaya terpaksa harus melakukan rekayasa lalu lintas dengan menutup sejumlah ruas jalan menuju Patung Kuda dan Monas, Jakarta Pusat, untuk mencegah massa aksi Reuni 212, Kamis (2/12/2021). Akibatnya, arus lalu lintas dari Tugu Tani hingga Jalan Medan Merdeka Selatan macet parah.

Bunyi klakson dari kendaraan pun saling bersahutan karena kesal jalanan menjadi macet dipagi hari. Pengemudi hanya bisa memacu kendaraannya tak lebih dari 10km per jam.

Keadaan diperburuk dengan tingkah massa yang memarkir kendaraan roda dua seenaknya sendiri di sepanjang trotoar kawasan Monumen Nasional.

Belum lagi kehadiran mendadak ratusan pedagang kaki lima musiman yang menambah ruwet dan kemacetan semakin panjang. Pedagang musiman itu menjual aneka rupa aksesoris yang berkaitan dengan acara hari ini, seperti bendera, tasbih, hingga ikat kepala. (*)

  • Bagikan