LPBI NU Buka Posko, Ini Data Terbaru Akibat Letusan Semeru

  • Bagikan

BERITA9, LUMAJANG – Tim Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengeluarkan rilis
Hasil Asesment sementara kejadian (APG) Awan Panas Guguran,Gunung Semeru

Berikut datanya yang diberikan ke berita9.net melalui pesan singkat : Jumlah pasien yang sedang dirawat di Puskesmas Penanggal sebanyak 25 orang. Sedangkan yang dirujuk ke rumah sakit pemerintah sebanyak 12 orang.

Jumlah korban meninggal dunia tercatat di BPBD Kabupaten Lumajang sebanyak 1 orang. Luka ringan 5 jiwa dan yang mengalami luka berat sebanyak 32 orang.

Sementara itu Abdul Muhari pelaksana tugas Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) BPBD Lumajang menyebut, ada puluhan tempat pengungsian yang telah disiapkan pihaknya.

Lokasinya berada Kecamatan Candipiro berada di :
Lapangan Kamarkajang, Desa Sumberwuluh. Lalu ada di Balai Desa Sumberwuluh, Balai Desa Sumbermujur, beberapa masjid yang ada di Dusun Jarit. Lalu ada di Ponpes Al Usmaniyah Desa Penanggal dan beberapa rumah warga yang tidak terdampak letusan.

Sedangkan tempat pengungsian di Kecamatan Pronojiwo berada di SDN 04 Supiturang, Balai Desa Supiturang, Balai Desa Oro-oro ombo, rumah serta beberapa masjid yang ada disekitar Desa Oro-oro Ombo.

Luas wilayah yang terdampak letusan Gunung Semeru di Kecamatan Pronojiwo menjangkau 3 desa, yaitu Desa Supiturang, Desa Oro oro ombo dan Desa Sumberurip

Sementara di Kecamatan Candipuro berdampak di Desa Sumberwuluh dan Desa Sumbermujur.

Koordinator relawan LPBI NU Kabupaten Lumajang Ridwan mengatakan, para pengungsi memerlukan : Makanan siap saji, air minum, selimut, vitamin, masker, terpal, alas tikar, makanan bayi dan susu, pampers serta pembalut.

Personil relawan yang berada di lokasi pengungsian terdiri dari tim LPBI NU Lumajang 5 orang, LPBI NU Kecamatan Kencong 4 personil, Bagana Kencong 1 orang, tim Lazisnu/Upzisnu Candipuro 3 orang serta anggota Banser Candipuro 4 orang dan anggota GP. Ansor Pronojiwo 4 orang.

Jadi total personil tim Nahdlatul Ulama yang hingga dini hari masih melayani pengungsi sebanyak 21 orang. Sedangkan Pos NU Peduli Semeru berada di Gedung MWC NU Candipuro dan Gedung MWC NU Pronojiwo. (*)

  • Bagikan