Kepedulian Semeru, Komunitas Punk Sampai Aktivis Perempuan Turun ke Jalan

  • Bagikan

BERITA9, JAKARTA – Erupsi Semeru yang merenggut puluhan nyawa, menenggelamkan ratusan rumah serta melukai ratusan jiwa terus menuai simpati masyarakat.

Sejumlah komunitas bergerak menunjukkan kepeduliannya mulai dari penggalangan donasi dengan mengamen hingga jualan produk yang disisihkan untuk Semeru.

Komunitas anak-anak punk yang selama ini mendapat sorotan miring dari masyarakat juga tak ketinggalan menggelar Ngekem (Ngamen Kemanusiaan) bersama sejumlah aktivis mahasiswa dari HMI Komisariat Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Kegiatan mereka dilakukan sudah kedua kali dalam pekan ini. “Kami akan menggelar aksi ini hingga Semeru mereda,” ujar kordinator aksi dari Brigade Relawan Nusantara Indonesia Care, Farhan Muhammad yang juga pengurus HMI komisariat UMJ, Jumat (10/12).

Baca Berita Lengkap Erupsi Semeru Disini

Secara terpisah sejumlah aktivis perempuan yang tergabung dalam Wanita Pertahanan Ideologi Syarikat Islam (Perisai) juga menggelar aksi kepedulian disejumlah titik diantaranya di kawasan Depok dan Bogor, Sabtu dan Minggu (11-12/12).

Aksi ini sebagai bentuk kepedulian kaum wanita perisai atas jatuhnya korban Semeru, terutama wanita dan anak-anak yang sering kurang diperhatikan kebutuhan khususnya saat di pengungsian.

“Bantuan yang mengalir jarang menyentuh kebutuhan khusus seperti pakaian dalam wanita, jilbab, pembalut, peralatan ibadah, susu bayi, pakaian anak, dan lain-lain,” ujar Ketua Wanita Perisai Wilayah Depok, Anisya khoiriya Efendi (12/12).

Sedangkan pengusaha UMKM, ayu yang menggalang donasi melalui bisnis online kulinernya dengan sistem persentase hasil penjualan juga tak mau ketinggalan.

Dirinya sudah berhasil mendonasikan ke Indonesia care dalam sepekan hingga Rp 2 juta dalam bentuk natura.

  • Bagikan