Kadis ESDM Jatim : Ada Harta Karun di Banyuwangi

  • Bagikan

BERITA9, BANYUWANGI – Provinsi Jawa Timur, ternyata memiliki potensi tambang emas yang cukup melimpah. Dan itu terhampar disepanjang provinsi.

Lokasi ‘harta karun’ ini diungkap oleh Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur, Ir Setiajit, saat menghadiri perayaan 10 juta jam kerja tanpa kehilangan jam kerja akibat kecelakaan atau Non Lost Times Injury (LTI), yang diraih tambang emas PT Bumi Suksesindo (PT BSI), di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Minggu (21/10/2018).

“Jawa Timur diberi nikmat luar biasa, potensi tambang emas dibawah kita, mulai dari Banyuwangi, Jember, Lumajang, Malang, Tulungagung, Trenggalek dan Pacitan,” katanya.

Sampai saat ini, lanjut Setiajit, potensi yang benar-benar digarap baru di Banyuwangi saja. Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur berharap, seluruh potensi tambang emas yang ada bisa segera dikelola.

“Semoga nanti di Jember, Lumajang dan Malang juga. Sekarang mulai eksplorasi di Trenggalek, sebentar lagi sudah bisa diproduksi,” pungkasnya.

Namun dalam pengelolaan, Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur berharap proses pertambangan emas yang dilakukan bisa mencontoh PT BSI. Dimana bukan Safety saja yang jadi perhatian, namun juga pengelolaan lingkungan, program-program sosial serta kesejahteraan karyawan. (red)

Laporan : Joko Prasetyo

  • Bagikan