Kabupaten Tegal di Kepung Banjir

  • Bagikan
Banjir di Kabupaten Tegal (Foto: Achmadi/BERITA9)

BERITA9, SLAWI – Intensitas hujan deras yang mengguyur hampir sebagian besar Kabupaten Tegal, Jawa Tengah sejak Senin sore (22/11/2021) hingga Selasa (23/11) pagi mengakibatkan banjir disejumlah tempat, ratusan warga terpaksa mengungsi tempat yang lebih aman.

Dari pantauan media ini, tercatat banjir melanda di Kecamatan Adiwerna, air merendam permukiman warga di Desa Tembok Banjaran sejak Senin malam sekitar pukul 22.00 WIB. Lalu banjir juga terjadi Pangkah, Dukuhturi, Kramat, Suradadi, dan Warureja.

Berdasarkan data Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal, banjir di Desa Tembok Banjaran merendam rumah warga di tiga RT. Terdapat 150 kepala keluarga yang terdampak.

Baca Juga:

“Warga ada yang mengungsi ke musholla dan balai desa yang didominasi kaum perempuan, anak-anak dan balita,” kata relawan PMI Kabupaten Tegal, M Ramedon, Selasa (23/11/2021)

Kata Ramedon, banjir juga melanda Desa Pecabean Kecamatan Pangkah, Desa Kendayakan dan Banjaragung Kecamatan Warureja, serta Desa Kupu, Dukuhturi, dan Sidakaton Kecamatan Dukuhturi.

Ramedon menyebut ratusan rumah warga di wilayah tersebut terendam banjir dengan ketinggian berkisar 30 sentimeter hingga satu meter.

Baca Juga:

“Hujan deras sejak Senin sore sampai malam mengakibatkan beberapa sungai meluap dan banjir di permukiman warga,” ujarnya.

Salah satu warga di Desa Dukuturi, Kecamatan Dukuhturi Muji mengatakan, air mulai masuk ke rumah Selasa sekitar pukul 02.30 WIB. “Ketinggian banjir sampai setengah meter,” ujarnya.

Selain di empat kecamatan tersebut, banjir juga terjadi di Kecamatan Kramat antara lain Desa Kemuning dan Plumbungan, serta Desa Sidaharja, Kecamatan Suradadi.

Baca Juga:

Guna memenuhi kebutuhan warga terdampak banjir, petugas BPBD Tegal dibantu aparat lainnya membangun dapur umum di Desa Sidaharja. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *