Ini Daftar Kota/Kab se Jatim yang Bebas Zona Merah, Daerah Anda??

  • Bagikan

BERITA9, SURABAYA – Satgas Penanganan Covid-19 Nasional memasukan 38 kabupaten/kota di Jawa Timur (Jatim) dinyatakan terbebas dari status zona merah atau daerah dengan risiko tinggi penularan virus corona (Covid-19).

Kabar gembira itu disampaikan oleh Juru Bicara (Jubir) Rumpun Kuratif Satgas Penanganan Covid-19 Jatim, dr Makhyan Jibril Al-Farabi.

“Alhamdulillah per hari ini 38 kota dan kabupaten di Jawa Timur dinyatakan bebas dari zona merah dari peta risiko penyebaran Covid-19 dari Satgas Penanganan Covid-19 pusat,” kata Makhyan, Kamis (2/9/2021).

Makhyan menyebut, di Jatim yang masuk zona oranye ada 18 kabupaten/kota di Jatim, yaitu Gresik, Pacitan, Ponorogo, Magetan, Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Trenggalek, Tulungagung.

Lalu Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Nganjuk, Kota Batu, Kota Malang, Kabupaten Malang, Lumajang dan Jember.

Lalu ada 20 daerah berstatus zona kuning yaitu, Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Kota Probolinggo, Kabupaten Probolinggo, Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Sidoarjo.

Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Jombang, Lamongan, Bojonegoro, Tuban, Ngawi, Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

Menurutnya, ada sejumlah faktor yang mempengaruhi penurunan status zonasi tersebut. Pertama adalah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat serta PPKM Level 3 dan 4 yang diimplementasikan dengan baik oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Ini telah membuahkan hasil hingga menurunkan kasus kematian dan perawatan Covid-19,” kata dia. (red)

loading...
  • Bagikan