Buruh Kembali Gelar Demo, Tuntut UU Ciptaker Dicabut

  • Bagikan

BERITA9, JAKARTA – Gabungan aliansi buruh kembali menggelar aksi unjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Rabu (8/12/2021). Kali ini mereka menyasar Mahkamah Konstitusi (MK) dan Balai Kota DKI Jakarta untuk di demo. Adapun tuntutan buruh masih terkait Undang-Undang Cipta Kerja dan Upah Minimum Provinsi (UMP).

Lebih dari 500 personel gabungan dari Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, Dishub dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) telah bersiaga di lokasi mengamankan jalannya demo ini.

Terlihat dua unit barracuda dan water cannon dan kawat berduri sudah bersiaga di kawasan Patung Kuda.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, sebagai bentuk antisipasi pihaknya menutup 5 ruas jalan di sekitar lokasi unjuk rasa.

Baca Juga:

Namun, tak menutup kemungkinan akan menambah lokasi penutupan jalan di sekitar lokasi.

“Sampai saat ini pukul 11.00 WIB sudah ada lima ruas jalan yang kita tutup pertama Bundaran Patung Kuda, Harmoni, Gambir arah Istana, dan Veteran III. Untuk jalan lainnya masih terbuka,” ujarnya.

“Namun apabila jumlah buruh semakin banyak bisa saja penutupan kita mulai dari Kebon Sirih termasuk Budi Kemuliaan dan Medan Merdeka Selatan. Nanti kita lihat perkembangannya seperti apa,” tambahnya.

Baca Juga:

Ditlantas mengerahkan 400 personel untuk mengendalikan arus lalu lintas. Saat ini kepadatan terjadi di Jalan Medan Merdeka Selatan dikarenakan menjadi lokasi parkir bus massa buruh.

“Jalan Sudirman-Thamrin masih lancar tadi ada unjuk rasa di depan DPR/MPR juga masih bisa dilewati. Untuk Medan Merdeka Selatan agak padat karena jadi tempat parkir dan drop off massa buruh,” ujar Sambodo. (*)

  • Bagikan