oleh

Belum Genap Sepekan Deklarasi Bebas Covid-19, Pasien Positif di Kebumen Muncul Lagi

BERITA9, KEBUMEN – Belum genap sepekan mendeklarasikan wilayahnya bebas dari virus Covid-19 kini muncul kabar bahwa ada kasus positif baru muncul di Kabupaten Kebumen Jawa Tengah.

“Hari ini pasien positif COVID-19 bertambah satu orang laki-laki atas nama DAR (56), rujukan lab dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Kebumen, Cokro Aminoto, Senin (15/6/2020).

Cokro menjelaskan, pasien positif itu berasal dari klaster pasar Karanganyar. Pasien adalah warga Kecamatan Karanganyar yang mengikuti rapid test massal beberapa waktu lalu dan hasilnya reaktif.

Sesuai protokol covid-19, jika hasil rapid test reaktif maka dilanjutkan dengan tes PCR atau swab.

“Yang bersangkutan dari klaster pasar Karanganyar. Dari 166 yang reaktif, salah satunya adalah DAR ini yang kemudian hasilnya positif setelah hasil tes swab keluar. Untuk yang lain sebagian besar hasilnya negatif, semoga nantinya tidak ada lagi yang positif,” jelasnya.

Di Kebumen sendiri hingga hari ini tercatat ada 3.147 ODP terdiri dari 2.930 orang di antaranya telah selesai pemantauan sedangkan 217 orang masih dalam pemantauan.

Baca Juga : Masa PSBB Transisi, Sejumlah Pedagang Pasar di Jakarta Positif Covid-19

Untuk PDP tercatat ada 243 orang terdiri dari 20 orang meninggal dunia tanpa hasil lab, 19 masih dalam pengawasan dan 44 orang selesai pengawasan.

“Dengan penambahan positif yang baru ini, maka jumlah kasus positif yang berada di Kebumen menjadi 35 orang, sedangkan 32 telah sembuh dan 2 meninggal dunia,” imbuhnya.

Sebelumnya, pada Kamis (11/6) lalu Kabupaten Kebumen telah mendeklarasikan kesiapan menjalani new normal karena telah dinyatakan nihil kasus COVID-19 sejak 9 Juni lalu.

Acara yang diawali dengan apel gelar pasukan itu juga diwarnai dengan aksi cukur gundul massal dan sujud syukur. (red)

loading...

News Feed