oleh

Bau Limbah Pabrik Udang Dikeluhkan Warga Saletreng Situbondo

BERITA9, SITUBONDO – Bau kulit serta kepala udang dilokasi penjemuran RT 06 RW 05 Dusun Kajer, Desa Saletreng, Kecamatan Kapongan, Situbondo dikeluhkan warga.

Seperti diketahui sedikitnya ada tiga gudang dan lahan penjemuran kulit dan kepala udang didaerah tersebut yang dikeluhkan warga, lantaran berbau busuk serta banyaknya lalat hijau mengganggu tanaman petani, dan diduga menjadi biang hama pada tanaman.

Dari keterangan warga, bahan tersebut diangkut menggunakan Pick Up dan Truk hampir setiap hari, dari pabrik pengolahan udang di Kecamatan Kapongan, dan dikelola oleh warga asal Landangan dan Setonggek Saletreng.

Keluhan warga sempat ada tanggapan dari pemerintah desa, dan sempat berhenti beberapa hari, namun kegiatan kembali beraktifitas hingga hari ini.

“Saya berharap agar keluhan ini diperhatikan, khususnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Situbondo, apalagi sekarang musim hujan, tidak hanya bau, lalat hijau berasal dari penjemuran itu juga mengganggu tanaman kami,” terang Suwikyo. Kamis, (7/1/2021). 

Utusan warga mendatangi Kepala Desa Saletreng, dengan tujuan menyampaikan keluhan itu, tidak membuahkan hasil, dari keterangan Sekretaris Desa (Sekdes), Kepala Desa sedang ke Situbondo.

Harapan warga sekitar kepada Pemerintah Desa maupun Dinas terkait, agar aktifitas tersebut dihentikan, dengan alasan sudah tidak kuat menahan bau setiap hari, dan adanya warga yang sakit diduga akibat bau tersebut, seperti yang disampaikan Ibu Rumah Tangga Huslaili (45).

“Pokoknya saya tidak mau ada aktifitas penjemuran limbah udang disini, harus ditutup, tamu saya juga merasakan bau saat berkunjung disini dan suami saya sakit gara gara bau itu,” pungkas Huslaili warga sekitar (red).


Reporter:Sutikno.

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed