Bantuan PIP SMAN 1 Cluring Banyuwangi Diduga Untuk Bayar PSM. Kasek, Itu Atas Kemauan Siswa

  • Bagikan

BERITA9, BANYUWANGI – Kabar dugaan pungutan iuran berdalih Peran Serta Masyarakat (PSM) dilingkungan SMAN 1 Cluring, Kabupaten Banyuwangi mencuat. Bahkan iuran PSM tersebut dikabarkan bersumber dari dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP).

” Siswa SMAN 1 Cluring, yang mendapat bantuan PIP, duitnya harus kembali ke Sekolah untuk membayar iuran PSM,” kata SN, salah satu walimurid SMAN 1 Cluring, Kabupaten Banyuwangi. Rabu (13/1/2021).

SN, mengaku jika anaknya membayar iuran dana PSM sebesar Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah) yang bersumber dari dana bantuan PIP.

“Terpaksa kita harus membayar iuran PSM kepada sekolah menggunakan dana bantuan PIP yang diterima oleh anaknya,” ungkap dia.

Pada saat siswa menerima bantuan PIP, kata SN, dari pihak sekolah diarahkan agar kembali lagi kesekolah agar menggunakan dana bantuan PIP untuk membayar iuran PSM.

“Karena diperintahkan oleh pihak sekolah jika dana PIP untuk membayar iuran PSM, maka mau tidak mau ya terpaksa harus kita bayarkan mas,” imbuhnya.

Sementara Dwiyanto, Kepala Sekolah (Kasek) SMAN 1 Cluring, Kabupaten Banyuwangi saat dikonfirmasi melalui sambungan Whatsapnya menerangkan, Gini mas, Dana PIP yang telah diterima siswa, ( ada 20 siswa) diterima melalui rekening masing masing, dan tidak dialihkan untuk membayar iuran PSM, atau keperluan personal masing masing. 

Namun atas dasar kemauan dan kesadaran siswa sendiri untuk, melengkapi kewajiban mereka, ada yang satu bulan, dua bulan,  melunasi semua,  dll,” terangnya. Kamis (14/1/2021).

Kata Dwiyanto, Itu semua sesuai dengan keputusan Rapat Komite  untuk PSM  tersebut.
Jadi sekolah tidak mengalihkan itu, karena dana diambil sendiri dan masuk ke rekening masing masing siswa penerima PIP,” ujarnya.

Kasek SMAN 1 Cluring tersebut juga menjelaskan, Sekolah hanya menyatakan bahwa, benar siswa tersebut adalah siswa SMARING, (SMAN 1 Cluring) penerima PIP yang telah sekolah usulkan. Sehingga Dana dapat dicairkan oleh siswa tersebut,” pungkasnya. (red)

loading...
  • Bagikan