Bahan Baku Menumpuk, IGG Glenmore Tutup Gilingan Tebu

  • Bagikan
Truk pengangkut tebu sebagai bahan utama pembuatan gula di PT. IGG Banyuwangi (foto: joko/BERITA9)

BERITA9, BANYUWANGI – Tutupnya penggilingan tebu di Pabrik Industri Gula Glenmore (IGG) yang berada di Kecamatan Glenmore Banyuwangi Jawa timur menyisakan tanda tanya.

Para kontaktor tebu dan warga disekitaran pabrik gula IGG, sempat di buat kebingungan dengan adanya tutup giling pabrik gula IGG. Kebingungan tersebut bukan tidak beralasan, yang menjadi alasan bingungnya beberapa kontraktor tebu dan warga adalah karena masih banyaknya bahan baku (tebu) di wilayah kebun PTPN XII diwilayah IGG.

Bahan baku (tebu) masih sangat banyak di semua kebun PTPN XII mas, namun kita kebingungan kenapa dalam kondisi bahan baku yang masih mencukupi kok IGG sudah tutup giling,” kata Aswan salah satu sopir pengangkut tebu, Selasa (30/10/2018).

Sementara Heryy Purwanto, selaku Manager pengadaan IGG saat dikonfirmasi melalui sambungan Whatsapnya mengatakan, dirinya membenarkan Pabrik Gula IGG sudah stop giling mulai tanggal 23 oktober 2018, setelah 100 hari giling, “katanya.

Menurutnya, diputuskanya stop giling karena untuk mengefisienkan kapasitas pabrik, dimana Pabrik Gula (PG) Semboro masih giling dan perlu pasokan bahan baku tebu, sehingga kapasitas gilingnya tercapai.

“Bila di giling di PG IGG maka kapasitas IGG tidak tercapai, demikian juga kapasitas PG Semboro juga tidak tercapai,” terangnya.

Heryy Purwanto juga menambakan, sesama PG di lingkungan holding PTPN, maka direksi holding diputuskan sisa tebu milik PTPN XII dikirim ke PG Semboro yang notabenya perusahaan milik PTPN 11 dan sebagian di kirim ke PG PTPN lainya. (red)

Laporan : Joko Prasetyo

  • Bagikan