Air Terjun Legomoro Tempat Refresing Yang Nyaman Untuk Keluarga

  • Bagikan

BERITA9, BANYUWANGI – Satu lagi tempat wisata yang nyaman, sejuk alami, yang ada di Kabupaten Banyuwangi berlokasi di area kawasan milik Perhutani.

Wisata itu bernama Air Terjun Kembar Legomoro, tepatnya berlokasi di RPH Sumbermanggis BKPH Glenmore Desa Margomulyo Kecamatan Glenmore, KPH Banyuwangi barat.

Dalam tiap harinya tempat wisata tersebut tidak pernah sepi dari para pengunjung, baik dari kalangan ibu rumah tangga ataupun kalangan muda – mudi. Karena tempat tersebut sangat cocok untuk bersantai ria atau refresing bareng keluarga.

Selain di Wana Wisata Legomoro tempatnya asri dan sejuk yang disebabkan alam pegununganya yang alami, apalagi ditambah dengan airnya yang asli mengalir dari mata air pengunungan, Legomoro mempunyai cerita yang sangat membuat penasaran para pengunjungnya.

Mbah Sukadi, salah satu sesepuh yang ikut beraktivitas menjaga Air Terjun Kembar Legomoro menuturkan, dua air Terjun itu mempunyai nama masing – masing. ” Terjun yang sebelah barat bernama Putri Ayu, sedangkan Terjun yang sebelah timur bernama Putri Ayu Awet Muda,” tuturnya kepada awak media, Ahad (4/11/2018).

Konon kabarnya kedua air terjun tersebut pada jaman dahulu di tunggu oleh dua putri cantik kerajaan jaman dahulu kala, sehingga sampai sekarang tempat itu mengandung mitos siapa yang mandi di Air Terjun Putri Ayu, bisa menjadi awet muda.

“Tidak hanya itu saja, lanjut Mbah Yadi, sebagian dari air terjun tersebut bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit jika kita mempercayainya, “Pernah ada pengunjung sengaja datang mengambil air disini katanya untuk ubat,” terang Mbah Sukadi.

Sekedar untuk diketahui Air Terjun Legomoro berlokasi di Desa Margomulyo yang berjarak kurang lebih 7 kilo dari Ruang Terbuka Hijau (RTH) Glenmore Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. (red)

Laporan : Joko Prasetyo

  • Bagikan