oleh

Ada Penebangan Kayu Hutan Diwilayah Kebun Glenfaloh Glenmore

BERITA9, BANYUWANGI – Dugaan penebangan kayu hutan terjadi diwilayah area kebun Silo, Afdeling Carangan, Kebun Glenfaloh, Desa Tegalharjo, Kecamatan Glenmore.

Penebangan kayu tersebut terjadi pada hari Sabtu (30/5/2020). Hal tersebut disampaikan oleh SM, salah satu warga setempat kepada wartawan. Hari Sabtu kami melihat ada truk mengangkut puluhan kayu hutan jenis Bendo, yang sudah digergaji menjadi kayu balok,” katanya. Minggu (31/5/2020).

Menurut informasi, kata SM, pemotongan kayu tersebut sudah mendapat ijin dari Sinder Afdeling Carangan, Kebun Glenfaloh. Namun surat ijinya memotong kayu rencek, tapi entah kenapa yang dibawa justru kayu hutan produksi.

“Katanya sudah bawa surat ijin dari pihak kebun Glenfaloh, namun ijinya pemotongan kayu rencek, namun kenyataanya kayu hutan yang produksi,” ungkapnya.

Tidak hanya itu saja, SM juga menjelaskan, setelah diselidiki penebangan kayu tersebut tidak berada diwilayah perkebunan Glenfaloh, melainkan wilayah hutan konservasi.

” Kayu – kayu tersebut bukan milik Perkebunan Glenfaloh, melainkan wilayah hutan konservasi. Namun anehnya kenapa yang memberi ijin pihak kebun, lha ini ada apa?,”cetus SM.

Holik, Sinder Carangan, Kebun Glenfaloh saat dikonfirmasi melalui sambungan telefon selulernya dirinya membenarkan jika ada pemotongan kayu.

” Iya mas memang benar jika ada pemotongan kayu bendo. Namun kayu tersebut berada dan milik Perusahaan Kebun Glenfaloh bukan diwilayah hutan konservasi,” ucapnya.

Dijelaskan oleh Holik, Kayu – kayu itu sebenarnya bencana kebakaran dan sudah roboh.” Itu kayu bencana mas dan sudah roboh kok,” jelasnya.

Kayu itu ditawarkan kepada pedagang ditawar 3 juta, namun masih dibayar 2 juta, dan itupun uangnya sudah masuk kantor lengkap dengan kwitansinya.

“Kayunya laku 3 juta dan masih dibayar oleh pembelinya 2 juta. Uangnya sudah diserahkan ke kantor lengkap dengan kwitansinya,” terang Holik.

Selain itu Holik juga mengaku bahwa  kayu bendo tersebut dirinya yang menanam sekitar 27 tahun yang lalu. ” Kayu -kayu itu saya yang tanam mas, sejak 27 tahun yang lalu,” jelasnya.

Namun Holik juga menyarankan, jika ingin lebih valid dan akurat silahkan langsung ngadep ke pimpinan Perusahaan Perkebunan Glenfaloh.

“Lebih jelasnya njenengan ngadep pimpinan, biar beliau yang menjelaskan,” tutupnya.

Pantauan awak media, pada hari Sabtu, sekitar 23 batang kayu bendo bersama Truk pengangkut dan kuli angkut diamankan anggota Polresta Banyuwangi, sedangkan sopir truk tersebut berhasil melarikan diri.

Namun sayang terkait penebangan kayu tersebut Pimpinan Kebun Glenfaloh, belum bisa dikonfirmasi.(red)

loading...

News Feed