oleh

Abaikan Protokol Covid-19, Alun-Alun Kebumen Kembali Ramai Siang-Malam

BERITA9, KEBUMEN – Setelah dua bulan lebih ‘mati suri’ akibat pandemi virus covid-19 alias virus korona, alun-alun Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah kembali semarak.

Para pedagang dan penjaja permainan anak, kembali membuka usahanya ditengah pandemi korona yang belum usai.

Di plaza alun alun Kebumen, aneka jajanan dan permainan anak seperti gambar, membidik gambar dengan anak panah, membentuk benda dengan tepung aneka warna dan permainan otomotif mengendarai mobil dan sepeda motor mini, ramai pengunjung.

Suasana itu mulai marak sejak (29/05/2020) lalu. Parahnya, masyarakat yang hadir juga banyak sekali dan tak mengenal waktu, bisa dari siang hingga malam hari.

Pada Selasa siang (02/06/2020) alun-alun Kebumen juga masih sangat ramai. Warga yang datang pun seolah ‘kebal’ virus korona.

Salah seorang penjaja mainan anak yang ditemui dilokasi beralasan, sejak dinyatakan ditutup dua bulan lalu, ia tak memiliki penghasilan, sedangkan kebutuhan di dapur tidak bisa ditunda.

“Kami buka lagi usaha yah karena erdesak kebutuhan. Kami sudah libur dua bulan lho sejak nongolnya korona bulan Maret (2020) lalu,” kata Yono salah satu pemilik usaha permainan di plaza Alun alun Kebumen, Selasa (02/06/2020).

Sangat disayangkan, antusiasme masyarakat dan pemilik usaha tidak dibarengi dengan kesadaran mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan atau membawa handsanitizer.

Kondisi diperparah dengan sikap orang tua yang membiarkan anak-anak mereka tak menggunakan masker selama berada di lokasi itu. Padahal, waktu yang dibutuhkan anak-anak di lokasi itu rata-rata 1 jam sampai 2 jam lamanya.

Padahal sebelumnya, Satgas Covid-19 Kebumen telah gencar mensosiliasasikan protokol Covid-19 se antreo kabupaten wong ngapak itu. Tapi ya gitu, warga cuek maning. (red)

loading...

News Feed