oleh

146 TKA China Dipulangkan Lewat Banyuwangi

BERITA9, BANYUWANGI – Ada pemandangan yang tak biasa pada Senin (25/5/2020) di Banyuwangi International Airport, ratusan petugas TNI, Polri, Satuan Pengamanan Bandara dan petugas kesehatan berpakaian APD lengkap bersiaga di bandara ujung pulau Jawa itu.

Rupanya ada ratusan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China yang dipulangkan ke negaranya gegara sudah habis ijin kerja dan ijin tinggal di Indonesia.

Ratusan TKA China itu diketahui bekerja di pabrik semen PT Sinoma Engineering, Jember, Jawa Timur.

Total sekitar 150 TKA dipulangkan dengan pesawat Batik Air charter flight repatriasi WNA dengan nomer flight ID 8591 tujuan Banyuwangi-Jakarta menuju Guangzhou, China, Senin (25/5/2020).

“Ada 150 tenaga kerja asing yang dipulangkan ke negara asalnya dengan memakai penerbangan maskapai Batik Air,” kata Heru Karyadi, Eksekutif General Manager Bandara Banyuwangi, Senin (25/5/2020).

Dari 150 TKA tersebut hanya 146 orang yang diterbangkan ke negara asalnya, sedangkan sisanya, terkendala terbang karena dokumen yang dimiliki bermasalah.

“Dari 150 yang diberangkatkan hanya 146. Sisa WNA ada 4 batal diberangkatkan karena dokumennya belum clear,” jelasnya.

4 warga asing tersebut dikembalikan kepada pihak pabrik semen PT. Sinoma Engineering, Jember.

Pemulangan para TKA China tersebut diawasi secara ketat oleh TNI-Polri, dan petugas kesehatan setempat sesuai protokol kesehatan antisipasi COVID-19

Diketahui, para TKA China itu diberangkatkan dari Jember menggunakan 5 bus pariwisata. (red)

loading...

News Feed