oleh

Tersandung Kasus Penipuan, Mantan Kades Sokaan Probolinggo Ditahan

BERITA9, PROBOLINGGO – Sholehuddin, mantan Kepala Desa (Kades) Sokaan, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo, ditahan di Mapolsek Kraksaan, Probolinggo. 

Ditahanya Sholehudin, lantaran ia diduga melakukan penipuan terhadap Herry Budiawan (49), Warga Kelurahan Kandang Jati Kulon, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo.

Kapolsek Kraksaan Kompol Sujianto menjelaskan, terkait penahanan Sholehudin, setelah dilakukan pemanggilan selama dua kali dan Alhamdulillah hadir hari ini, sehingga langsung dilakukan penahanan,” jelasnya Rabu (12/08/2020) siang.

 Lebih lanjut Kapolsek Kraksaan Sujianto mengatakan, bahwa proses penahanan terhadap mantan Kepala Desa Sokaan itu, karena adanya laporan dari warga pada Polsek Kraksaan pada Kamis (13/02/20). 

“Tentunya ini merupakan tindak lanjut dengan adanya dugaan-dugaan yang berkaitan dengan pasal 378 dan kita pastikan sudah memenuhi unsur,” ujarnya.

Sehingga, oleh pihak kepolisian dilakukan langkah tegas untuk menahan Sholehuddin. Dengan langkah tegas, sehingga kami lakukan penahanan.Pada 27 Juli 2020, Kepala Desa Sokaan, Kecamatan Krejengan, ditetapkan sebagai tersangka atas kasus penipuan.

“Status Sholehudin, sudah kita naikan menjadi tersangka. Dimana, yang bersangkutan sebelumnya hanya saksi atas kasus penipuan,” jelas Kapolsek Kraksaan, Kompol Sujianto melalui Kanit Reskrim, IPTU Maruji seperti dikutip  Berita RMOLJatim, Rabu (29/07/20) lalu.

Menurutnya, pihaknya sudah melakukan panggilan terhadap Salehuddin. Dimana, panggilan pertama sebagai saksi, Salehuddin tidak datang. Namun panggilan kedua, yang bersangkutan hadir.

“Nah, karena ada keterangan yang kurang, sehingga di panggil lagi, namun yang bersangkutan tidak hadir tanpa alasan yang masuk akal,” katanya.

Dari keterangan itulah, sehingga pada 27 Juli 2020, Solehuddin ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak kepolisian Polsek Kraksaan.

“Kita melakukan gelar perkara dan dipimpin langsung oleh Kapolsek. Ternyata sudah cukup dua alat bukti sehingga pada tanggal 27 Juli 2020, status Solehuddin dinaikkan dari saksi menjadi tersangka,” paparnya.

Diberitakan sebelumnya, Herry Budiawan (49) warga Kelurahan Kandang Jati Kulon, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, melaporkan seorang oknum mantan Kades ke Polsek Kraksaan, pada Kamis (13/02/20). Diduga oknum mantan Kades tersebut dilaporkan karena telah melakukan tindak pidana penipuan dan menyalahi kesepakatan pinjam gadai tanah. (red)


Reporter: Joko Andi S.

loading...

News Feed