Peringati HUT ke – 60, Perhutani KPH Banyuwangi Barat Berikan Ribuan Bibit Alpukat Aligator Pada Masyarakat

  • Bagikan

BERITA9, BANYUWANGI – Dalam rangka memperingati HUT (Hari Ulang Tahun) Perhutani yang ke 60, KPH Banyuwangi Barat memberikan 1000 plc bibit Alpokat Aligator kepada Masyarakat sekitar hutan. 

Ribuan benih Alpokat Aligator tersebut rencananya akan dibagikan dibeberapa LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan), diantaranya adalah LMDH Mitra Hutan Lestari Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, LMDH Rimba Asri Desa Temuasri, Dan LMDH Tamansari, Desa Tamansari.

Penyerahan ribuan bibit buah buahan tersebut digelar dipetak 26 wilayah RPH Licin, BKPH Licin. Jum’at , (19/3/2021).

Kepala Administratur (ADM) KPH Banyuwangi Barat, Cahyo Kawedar, S.hut mengatakan, dalam memperingati HUT Perum Perhutani yang ke 60, KPH Banyuwangi Barat memberikan ribuan kepada masyarakat.

“KPH Banyuwangi Barat berikan bantuan ribuan bibit buah buahan, hal ini dalam rangka memperingati HUT ke 60 tahun,” katanya. Jum,at (23/3/2021).

Kata Cahyo Kawedar, pembagian ribuan benih buah jenis Alpokat Aligator ini, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi masyarakat yang berada dipinggiran hutan.

“Harapan kami adalah, semoga apa yang kita lakukan hari ini bisa bermanfaat. Dan kita harapkan juga bibit bibit Alpokat ini bisa bermanfaat,”pungkasnya.

Sementara Suprapto Ketua LMDH Taman Asri dirinya mengucapkan berterimakasih kepada Perhutani KPH Banyuwangi Barat, karena selama ini Perhutani banyak sekali membantu perekonomian masyarakat sekitar hutan khususnya Desa Taman Sari baik dari Sadapan Pinus dan Damar.

Bahkan menurutnya selain sadapan pinus Perhutani juga sudah membantu lahan pertanian sehingga masyarakat bisa menanam tanaman Polowijo dan juga porang sehingga secara tidak langsung bisa menambah kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Mudah mudahan masih Suprapto, dia juga mengucapkan dihari jadinya yang ke 60 semoga Perhutani semakin jaya.

” Semoga KPH Banyuwangi Barat semakin jaya,” pungkasnya.

Ditempat yang berbeda Kades (Kepala Desa) Jambewangi Maskur S.Ag bersama Perhutani dan masyarakat Desa Jambewangi melaksanakan penanaman bibit Alpokat Aligator yang sudah didistribusikan oleh KPH Banyuwangi Barat sebanyak 500 plc untuk ditanam dilahan pekarangan dan kebun masyarakat.

Dalam sambutannya Kades Jambewangi, Kecamatan Sempu tersebut mengucapkan berterimakasih kepada Perhutani khususnya KPH Banyuwangi Barat. Karena selama ini antara Perhutani dan masyarakat serta pihak desa sangat terjalin komunikasi dan kerjasama yang sangat harmonis.

“Hubungan perhutani dan pihak desa, selama ini terjalin hubungan yang sangat harmonis,” ucapnya.

Menurut Maskur, saat ini Perhutani banyak membantu peningkatan ekonomi masyarakat sekitar hutan dengan hasil Sadapannya, tanaman Polowijonya dan tanaman dibawah tegakan yang mana sangat dirasakan sekali oleh masyarakat terhadap pada peningkatan ekonomi masyarakat desa jambewangi.

“Dengan adanya perhutani ini sangat membantu pada perekonomian masyarakat Desa Jambewangi, khususnya masyarakat pinggiran hutan,”tuturnya.

Kades Jambewangi tersebut  juga menyampaikan selamat hari jadi Perum Perhutani yang ke 60, semoga Perhutani khususnya KPH Banyuwangi Barat tetap eksis. Menjadi perusahaan unggul dalam mengelola hutan secara berkelanjutan dan mensejahterakan masyarakat,” pungkasnya. (*).

  • Bagikan