Perhutani BKPH Glenmore KPH Banyuwangi Barat Gelar Rapat Sosialisasi Bersama LMDH

  • Bagikan
Penyerahan Nomor Pekerja tahun 2021 oleh Perhutani BKPH Glenmore Banyuwangi barat kepada LMDH. (Foto: Joko/berita9).

BERITA9, BANYUWANGI – Awal tahun 2021 Perum Perhutani KPH Banyuwangi barat BKPH Glenmore, gelar rapat sosialisasi bersama seluruh pengurus Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) bertempat dibalai pembenihan KRPH Gunungsari, BKPH Glenmore. Rabu (20/1/2020).

Dalam acara tersebut ada beberapa poin yang dibahas bersama LMDH diantaranya adalah, Budaya Perusahaan (Ahlak), Perhutanan Sosial (PS), Rencana Tekhnik Tahunan (RTT), Kawasan Perlindungan dan Agroforestry, Pldt.

Acara tersebut dihadiri oleh Asisten Perhutani (Asper) BKPH Glenmore, Wondo, dan jajaranya serta ADM KPH Banyuwangi barat yang diwakili oleh  humas Alex Nova dan pendamping PS LMDH Banyuwangi barat.

Dalam penyampainya Asper BKPH Glenmore, Wondo, dirinya berharap kerjasama LMDH dengan Pihak perhutani semakin baik dan kompak. Karena dengan kekompakan maka akan terwujud sinergivitas yang kokoh.

” Kami berharap pada tahun 2021 ini LMDH dan Perhutani kerjasamanya semakin baik dan bersinergi,” ujarnya. Rabu, (20/1/2021).

Selain itu dirinya berpesan kepada seluruh LMDH dan jajaran perhutani agar dilapangan bekerja sesuai tupoksi dan tidak melenceng dari aturan sesuai dengan AD ART, (Anggaran Dasar Rumah Tangga), karena LMDH dan Perhutani diikat dengan Perjanjian Kerjasama (PKS) yang jelas,” ungkapnya.

Sementara Alex Nova, humas sekaligus perwakilan KPH Banyuwangi Barat mengatakan, Program Perhutanan Sosial (PS) adalah sistim pengelolahan hutan lestari yang dilakukan oleh masyarakat.

Dalam hal ini, kata pria yang akrab disapa Nova tersebut karena LMDH melakukan pengelolahan dibawah lahan perhutani maka kita buatkankan Naskah Kesepakatan Kerjasama (NKK) antara perhutani dan LMDH sehingga bisa mendapatkan SK dari LHK.

“Alhamdulillah lima LMDH diwilayah Kecamatan Glenmore, sudah mendapat SK dari LHK. Karena sudah mempunyai SK, maka kami berharap LMDH lebih giat dan pandai sehingga bisa berpikir lebih luas,” terangkanya.

Ditempat yang sama Harmadi, selaku pendamping PS LMDH Banyuwangi barat menjelaskan, PS ini harus sukses, karena merupakan salah satu program pemerintah. Dan jalan untuk menuju sukses kita harus sering duduk bersama membuat program.
Kata Harmadi, antara perhutani dan LMDH, harus menyukseskan bersama yang namanya PS.  Caranya adalah , LMDH, perhutani dan desa serta masyarakat harus singkron,” ucapnya.

Ditambahkan oleh Harmadi, PS itu sebagai penyempurna. Dengan adanya PS ini, marilah kita sama sama mensukseskan. Karena jika Ps sukses maka kesemuanya akan menjadi enak. Selain itu dirinya berpesan antara LMDH dan Perhutani harus singkrong dulu.

” Untuk menjadi sukses, Perhutani dan LMDH harus sungkron dulu,” pungkasnya. 
Seperti diketahui acara sosialisasi tersebut ditutup dengan penyerahan nomor Pekerja tahun 2021 kepada LMDH yang diserahkan oleh Asper BKPH Glenmore. (red).

loading...
  • Bagikan