oleh

Peduli Pendidikan Online, Polresta Banyuwangi Luncurkan Motor Lengkap Fasilitas Internet

BERITA9, BANYUWANGI – Polresta Banyuwangi kembali meluncurkan inovasi terbaru yakni motor dinas polisi yang dilengkapi dengan fasilitas internet gratis untuk pelajar di Bumi Blambangan.

Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin mengatakan, inovasi ini merupakan bentuk kepeduliannya terhadap pendidikan di Banyuwangi dan menyelamatkan anak bangsa.

Menurutnya, Inovasi ini diciptakan selama masa pandemi covid-19. Bahkan, motor wifi mobile ini diharapkan untuk membantu para pelajar saat sedang belajar online. 

Diketahui, sejak pandemi covid-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI meniadakan KBM di dalam kelas. Siswa mengikuti pembelajaran secara daring dari rumah masing-masing.

Namun pembelajaran secara online ini menemui banyak kendala terutama terkait jaringan internet.

“Jadi akses sinyal yang sulit maupun orang tua siswa tidak mampu membeli paket data menjadi kendala belajar online,” kata Arman Asmara usai melaunching motor wifi mobile di Mapolresta Banyuwangi, Senin (10/8/2020).

Disisi lain, lanjut Arman, pada hari ini seluruh dijajaran Polsek sudah disediakan jaringan wifi dan sepeda motor wifi mobile. Nantinya, motor wifi mobile ini akan berkeliling di wilayah desa-desa yang memang membutuhkan jaringan internet.

Motor wifi mobile ini, masih Arman, akan digunakan oleh Bhabinkamtibmas bersama Babinsa. Mereka juga akan berkoordinasi dengan pihak desa dimana ada kegiatan webinar atau belajar secara online.

“Kita fasilitasi motor operasional Bhabinkamtibmas dengan seperangkat laptop lengkap dengan jaringan wi-fi untuk membantu pembelajaran online siswa,” ujar Arman.

Sejauh ini, rata-rata di masing-masing memiliki 4 sampai 5 kendaraan bhabinkamtibmas di Kecamatan. Selain melaunching motor wifi mobile atau motor bhabinkamtibmas peduli pendidikan. Polresta Banyuwangi juga meluncurkan E-Kampung Tangguh Semeru, mobil himbauan covid-19.

“Bahkan, ada juga mobil polantas peduli dan thermal scaner gate. Mobil ini fungsinya untuk berkeliling menginformasikan kepada masyarakat tentang kedisiplinan protokol kesehatan selama masa covid-19,” pungkasnya.(red)


Reporter: Ahmad Sahroni.

loading...

News Feed