oleh

Kuasa Hukum LSM GMBI Bantah Klienya Berstatus Tahanan

BERITA9, BANYUWANGI – Nanang Selamet ,Kuasa hukum Subandi ( ketua LSM GMBI Distrik Banyuwangi ), membantah adanya penahanan  terhadap klienya.

“Saya selaku tim kuasa hukum LSM GMBI bahwa kemaren hari Senin (3/8/ 2020), kami menghadiri panggilan sebagai saksi untuk diperiksa di Mapolresta Banyuwangi.

Setelah diperiksa selama kurang lebih 8 jam kliean kami kemudian ditetapkan menjadi tersangka setelah gelar perkara,” ungkap Nanang pada saat ditemui di Kantornya, Selasa (4/8/2020).

Kliean kami, kata Nanang, bukan posisi  status dalam tahanan jadi setelah adanya penetapan tersangka, penyidik menyampaikan mau diadakan proses lanjutan sebagai tersangka dan masih ada tahapan proses selanjutnya.

“Persoalan klien kami terbukti atau tidak sebagaimana yang disangkakan pasal170 jo 351 jo 214, biarlah hakim yang memutuskan jangan kemudian kita ini mencari penafsiran tersendiri sehingga membuat kegaduhan dikalangan masyarakat. Mari kita mencoba atau mengambil sudut pandang yang lain,” ujarnya.

Masih lanjut Nanang, kami agak menduga bahwa kenapa, pada saat di bawah ke RSUD Blambangan ketika direkomendasi pasien dalam kondisi baik- baik saja tapi kenapa dokter jaga yang bersangkutan menurut info dari klien kami maupun dari pasien tidak mau memberikan keterangan. Sebagai orang awam  yang tidak paham dibidang kesehatan tentu kami meminta keterangan itu sebagai acuan kami untuk upaya berobat.

Terkejutnya lagi ketika dari RSUD Blambangan, pada saat itu direkomendasi tidak rawat inap serta baik-baik saja,  padahal si pasien dalam kondisi lemas dan muntah darah, akhirnya rekan-rekan LSM GMBI  membawah pasien  pada saat itu juga ke RS Yasmin dan disana diterima serta direkomidasi untuk dirawat inap,” jelentrehnya.

Kita perlu mengawal proses ini dan melihat dari berbagai sudut pandang sehingga di Kabupaten Banyuwangi ada evaluasi dan pembelajaran bagi segala sudut instansi di Bumi Blambangan. Dan harapanya masyarakat agar lebih sejahtera dan mendapatkan perhatian dari pejabat publik,” harap Nanang. (red)


Reporter: Haris.

loading...

News Feed