oleh

Kasek SMAN 1 Glenmore: Siswa Harus Merdeka

BERITA9, BANYUWANGI – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, nampaknya tak tanggung – tanggung dalam menerapkan pendidikan terhadap siswanya.

Salah satu program yang terus digalakan disekolah yang terkenal dengan julukan Smansamore iyalah program akademik. Program akademik merupakan bagaimana pihak sekolah menciptakan siswanya setelah tamat nanti bisa langsung diterima kuliah diperguruan tinggi.

“Kita harus ciptakan murid yang handal, sehingga jika sudah tamat SMAN 1 Glenmore, nanti bisa langsung masuk kuliah diperguruan tinggi,” ujar Mochamad Ripai, Mpd, Kepala Sekolah (Kasek) SMAN 1 Glenmore, saat ditemui diruanganya. Selasa (14/7/2020).

Kata Ripai, sapaan akrab Kasek SMAN 1 Glenmore (Smansamore), pola belajar diSekolah harus kita rubah. Para pengajar atau guru harus bisa menjadikan siswa sebagai murid yang merdeka.

” Siswa Smansamore, harus merdeka,  tidak ada rasa takut, canggung dan harus merasa aman,” cetusnya.

Dijelaskan oleh Ripai, guru tidak boleh memperlakuan beda – beda. Semua siswa harus diperlakukan sama dalam memberikan pendidikan atau pelajaran.

” Yang lebih penting sekolah harus memberikan rasa aman dan damai pada muridnya,” ungkapnya.

Masih Ripai, yang harus dimengerti dan dipahami oleh semua guru bahwa, Kepala Sekolah, dan guru harus menjadi pelayan yang baik bagi anak – anak murid sekolah. Dan di lingkungkan sekolah, murid tidak usah diberi batasan – batasan, antara guru dan murid. 

“Semua harus disamakan agar, murid tidak canggung,” papar Ripai, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Sekolah SMANDA (Darussolah), Singojuruh ini.

Namun menurut Ripai, yang lebih penting lagi, kultur harus terbangun. Maka dari itu sekolah harus memerdekakan anak. Dengan begitu semua siswa menjadi Percaya Diri (PD).

” Siswa harus jadi hebat karena guru,” pungkasnya. (red)

loading...

News Feed