oleh

Kapal Laut Lintas Ketapang-Lembar Resmi Beroperasi

BERITA9, BANYUWANGI – Kabar baru bagi para masyarakat, bahwa jalur lintas melalui penyebrangan jalur laut, Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, dengan tujuan Lembar, Lombok, Nusa Tenggaara Barat resmi beroperasi, Sabtu (26/12/2020).

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, Irjen Pol. Drs. Budi Setiyadi melaunching perdana kapal lintas tersebut. Dia menjelaskan bahwa kehadiran lintas Ketapang-Lembar ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung program Pemerintah Provinsi Bali dalam meningkatkan pariwisata.

“Pelayaran lintas Ketapang-Lembar ini merupakan hasil diskusi antara Pak Menteri Perhubungan dengan Pak Gubernur Bali. Karena kedepan, sektor pariwisata di Bali akan didorong pemerintah menjadi bagian pemulihan ekonomi sosial pasca Covid-19. Kita berharap, sektor pariwisata di Bali segera tumbuh,” katanya.

Menurutnya, kondisi saat ini pertumbuhan dan pembangunan infrastruktur di beberapa tempat begitu cepat. Baik di Bali maupun di Jawa. Sehingga Perhubungan Darat harus menyesuaikan perkembangan  perilaku yang ada, baik perilaku logistiknya maupun perilaku perjalanan masyarkat.

Rute jarak jauh ini juga merupakan efisiensi waktu. Dimana nantinya, ASDP akan mengoperasikan 7 kapal. Diantaranya, KMP Jambo X, KMP Liputan XII, KMP Portlink VII, KMP Dharma Ferry VIII, KMP Munic VII, KMP Parama Kalyani, dan KMP Swarna Cakra
Direktur Utama (Dirut) PT. ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi mengaku siap menjadi bagian yang memberikan manfaat dalam jangka panjang untuk masyarakat. 

“Kami siap menjadi enabler atau menjadi prasarana yang baik untuk pelayaran lintas Ketapang-Lembar maupun Lembar-Ketapang,” ujarnya.

Sekedar diketahui, lintasan baru ini sesuai Keputusan Menteri Perhubungan nomor KM 308 Tahun 2020 Tentang Penetapan Lintas Penyeberangan Antara Ketapang-Lembar. (red)

loading...

News Feed