oleh

Deteksi Kesehatan Dini, Prajurit Puslatpurmar 5 Baluran Laksanakan Urikes

BERITA9, SITUBONDO – Dalam rangka untuk menguji kesiapan fisik dan mendeteksi dini dalam kesehatan, seluruh prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Aparatur Sipil Negara (ASN)  Pusat Latihan Pertempuran Marinir (Puslatpurmar) 5 Baluran.

Melaksanakan Uji Pemeriksaan Kesehatan (Urikes)  rutin tahunan di Balai Pengobatan (BP) Sugeng Hardjo Taruno Situbondo, Jawa Timur. Rabu (22/7/2020). 

Kegiatan urikes merupakan salah satu sarana kontrol, untuk mengetahui kondisi kesehatan Prajurit dan ASN Puslatpurmar 5 Baluran secara dini. Sehingga apabila di temukan hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan kesehatan, dapat lebih cepet dalam perawatan dan penanganannya.

Tim Pelaksana Urikes dari Rumah Sakit Marinir (Rumkitmar) Gunung Sari Surabaya, di bawah pimpinan Mayor Laut (K) Rizky Hardani, AMK, Kepala Bagian Kesehatan Lapangan (Kabag Kesla), beserta Mayor Laut (K)Serdiktra Karokaro (Kabag Farmasi), Lettu Laut (K) Doni (Dokter pemeriksa) dan 13 Personil Kesehatan Rumkitmar Gunung sari serta di bantu 6 personil (BP) Sugeng Hardjo, Taruna Puslatpurmar 5 Baluran.

Sebelum pemeriksaan, terlebih dahulu di awali dengan pengecekan personel dengan apel pagi. Dilanjutkan pengisian blangko di BP Sugeng Hardjo Taruno, untuk mengikuti tes urikes. Adapun dalam urikes meliputi, cek urine, darah, THT, mata, tensi,gigi, EKG dan radiologi (foto thorax) serta pemeriksaan umum.

Saat berlangsungnya kegiatan, seluruh prajurit Puslatpurmar 5 Baluran terlihat semangat dalam melaksanakan Urikes tersebut. Hal ini, menunjukan kesadaran yang cukup tinggi akan pentingnya arti sebuah kesehatan. Begitu juga para petugas kesehatan, dengan semangat, sabar dan penuh keramahan, melayani tiap prajurit dalam melaksanakan Urikes tersebut.

Kepala Bagian (Kabag) BP Sugeng Hardjo Taruna, Sertu RUM Sofian Arif mengatakan, dalam pelaksanaan Urikes tetap mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan, baik para petugas kesehatan maupun peserta Urikes dengan menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Sementara itu, Komandan Puslatpurmar 5 Baluran sekaligus Komandan Ksatrian Sugeng Hardjo Taruna Letkol Mar Agus Wahyudi menegaskan, kegiatan Urikes tersebut merupakan kegiatan yang positif dan harus dilaksanakan. Karena urikes merupakan salah satu cara monitoring sistem kesehatan yang menunjang kinerja Prajurit dan ASN di lingkungan Puslatpurmar 5 Baluran.

” Urikes ini juga salah satu kelengkapan syarat adminitrasi, bagi prajurit yang akan melaksanakan pengusulan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula,” tegas Komandan Puslatpurmar 5 Baluran.(red)


Reporter: Sutikno.

loading...

News Feed