oleh

Curi Janur Milik PTPN XII Jatirono, Warga Jember Diamankan Polsek Kalibaru

BERITA9, BANYUWANGI – MH (18) warga Desa Garahan, Kecamatan Sempolan, Kabupaten Jember, harus berurusan dengan pihak Polsek Kalibaru (14/7/2020), karena  ulahnya yang diduga mencuri Janur atau daun kelapa, di PTPN XII Perkebunan Jatirono AFD Sumberbaru, Kalibaru, Banyuwangi.

Kapolsek Kalibaru Akp Abdul Jabbar, S.H. mengatakan, penangkapan itu ketika sedang patroli bersama pihak keamanan dari kebun PTPN XII perkebunan Jatirono.

“Pada saat kejadian kita dapati MH, sedang mengabil janur dengan cara memanjat pohon kelapa untuk diambil janurnya, namun sayang waktu penangkapan ada 1 lagi yang diduga membantu melarikan diri,” katanya (16/7/2020).

AKP Abdul Jabbar mengungkapkan pihaknya masih mendalami kejadian ini untuk mencari 1 orang yang berhasil melarikan diri.

“Kita masih selidiki dan mengambil keterangan dari MH, karena diduga pelaku yang berhasil melarikan diri ikut membantu dalam melakukan aksinya,” tuturnya.

Akibat kejadian ini kerugian PTPN XII Jatirono ditaksir mencapai Rp 5.000.000, karena Pohon kelapa yang sudah kepotong Janurnya, tidak bisa untuk diambil nira (legen) bahan baku untuk gula.

“Karena perbuatan pelaku, Pohon kelapa yang sudah keambil janurnya, tidak bisa dideres untuk pembuatan Gula merah,” tambahnya.

Dari kejadian ini Polsek Kalibaru mengamankan sejumlah barang bukti untuk dilakukan penyelidikan lanjutan.

“Kita amankan 1 buah Pisau, 9 buah karung Plastik, 6 ikat janur yang sudah diiris, 5 tangkai janur yang belum diiris,” pungkasnya.(red)


Laporan: Ahmad Sahroni.

loading...

News Feed