Anggota Polsek Banyuputih Temukan Binatang Langka Di Pantai Taman Nasional Baluran

  • Bagikan

BERITA9, SITUBONDO – Brigadir Danial Mulya, Babhinkamtibmas Polsek Banyuputih, selamatkan Penyu Hijau yang terdampar di Pantai Gatel, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur tepatnya di Kawasan Taman Nasional Baluran. Sabtu, (20/3/2021).

Penyu Hijau yang memiliki nama latin  (Chelonia Mydas), ditemukan diantara jaring saat melakukan kegiatan Natural dalam membina komunitas di pinggir pantai setempat, pada pukul 16.40 Wib. Satwa langka tersebut berenang kebibir pantai kearah warga yang sedang beraktifitas.

“Saat giat kegiatan natural membina komunitas, dengan momen itu, saya himbau juga kepada nelayan dan warga yang beraktifitas dipantai, agar tidak membawa pulang atau memperjual belikan, binatang langka sekaligus dilindungi,” kata Brigadir Daniel Mulya.

Disaksikan warga serta sejumlah komunitas, binatang dilindungi  tersebut dilepas kembali kepantai, hingga benar benar aman kembali ke habitatnya.

Kepala Balai Taman Nasional Baluran Pudjiadi. S.sos. membenarkan, penyu hijau tersebut merupakan satwa yang dilindungi, yang tidak kalah pentingnya apresiasi untuk Babhinkamtibmas Polsek Banyuputih atas kepeduliannya dalam menjaga kelestarian satwa langka tersebut,” kata Kepala Balai Taman Nasional Baluran. (*) ,


Reporter: Sutikno.

  • Bagikan