oleh

Ular Phyton Sepanjang Tiga Meter Gegerkan Warga Yosomulyo Banyuwangi

BERITA9, BANYUWANGI – Penemuan ular phyton sepanjang tiga meter di saluran air dekat permukiman, gegerkan warga Dusun Sidorejo Wetan, Desa Yosomulyo, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi, (28/7/2020).

Melihat kejadian itu warga langsung melaporkan hal tersebut kepada perangkat Desa. Tak lama berselang kemudian Bhabinsa datang bersama warga menangkap ular liar tersebut.

Anggota Koramil Gambiran, Sertu. Hadi Sukowiyono, mengatakan diduga ular jenis phyton atau sowo kembang itu sedang kelaparan dan berusaha berburu mangsa berupa tikus, ayam bahkan kambing. Lokasi penemuan ular sepanjang tiga meter juga berdekatan dengan permukiman warga.

“Dengan dibantu tiga orang warga, kami berhasil menangkap ular tersebut,” katanya.

Saat ditangkap, ular itu sempat berontak dan berusaha menggigit namun karena kesigapan Anggota Koramil Gambiran ini, akhirnya ular dapat diamankan. Ia menyebut beberapa minggu terakhir warga sering kehilangan hewan ternak unggas, diduga penyebab hilangnya hewan karena dimakan oleh ular tersebut.

“Sudah kami amankan ular besar itu,” terangnya.

Menjaga agar habitat ular tetap terjaga dan tidak punah, warga kemudian menghubungi BKSDA Banyuwangi. Agar ular tersebut dikarantina dan selanjutnya dilepasliarkan di habitat alamnya dan tidak meresahkan warga.

“Kami akan serahkan kepada BKSDA Banyuwangi supaya ular itu bisa lepas di alam liar,” tutupnya. (red)


Reporter: Ahmad Sahroni.

loading...

News Feed