oleh

Begini Penjelasan Asper BKPH Kalisetail Tentang Temuan Kayu Diwilayahnya

BERITA9, BANYUWANGI – Ramainya kabar tentang dugaan temuan kayu hutan jenis memosi didepan rumah Sutrisno, Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Jadi Rimba, Desa Temuguruh, Kecamatan Sempu, Kabupaten Banyuwangi, membuat Asper BKPH Kalisetail angkat bicara.

“Menurut saya kabar itu tidak benar,” kata Sunardi, Asper BKPH Kalisetail, KPH Banyuwangi barat. Minggu (28/6/2020).

Yang benar, kata Sunardi, Kayu jenis Memosi tersebut ditemukan warga didalam hutan tepatnya diPetak 66A-1 RPH Purwodadi. Setelah petugas mendapat laporan tentang temuan kayu tersebut, kemudian Solikin selaku KRPH Purwodadi, bersama petugas yang lain, membawa potongan kayu tesebut ke Rumah Dinas (RD) atau kantor BKPH Kalisetail untuk diamankan.

” Setelah mendapat laporan dari masyarakat adanya kayu tersebut, kemudian Solikin, selaku KRPH Purwodadi, bersama petugas lainya membawa kayu tersebut ke Rumah Dinas BKPH Kalisetail untuk diamankan. Dan hingga kini kayu masih ada di kantor BKPH Kalisetail,” jelasnya.

Tidak hanya itu saja, Asper Kalisetail tersebut juga menjelaskan, dari dalam hutan tepatnya petak 66A -1 Purwodadi, kayu itu langsung dibawa ke Rumah Dinas atau kantor BKPH Kalisetail, diangkut menggunakan gerandong dan tidak singgah atau berhenti kemana – mana. Jadi kalau dikatakan kayu itu ditemukan didepan rumah Ketua LMDH, itu juga tidak benar dan kurang pas.

“Dari petak 66A – 1 RPH Purwodadi, 4 kayu tersebut langsung dibawa ke kantor BKPH Kalisetail, jadi kalau dikatakan kayu tersebut ditemukan didepan rumah Sutrisno, Ketua LMDH Jadi Rimba, maka itu sangat tidak benar,” terang Sunardi.

Empat kayu tersebut, lanjut Sunardi, hingga saat ini belum tau siapa pemiliknya, bahkan dirinya juga menyebut jika potongan empat kayu Memosi yang sudah digergaji itu adalah kayu lama bukan kayu yang baru.

” Itu kayu lama dan hingga kini kita juga tidak tahu kayu tersebut milik siapa,” ucapnya.

Dengan adanya temuan kayu ini dirinya juga mengaku telah membuat Laporan (LA) kepada atasanya dalam hal ini KPH Banyuwangi barat, yang akan ditembuskan ke Polsek Sempu, Kecamatan, Sempu dan Koramil Sempu.

“Temuan kayu ini sebenarnya kita sudah buat Laporan yang akan kita kirim ke KPH Banyuwangi barat dengan tembusan Forpimka,” pungkasnya. (red)

loading...

News Feed