oleh

Sah! Partai Demokrat Rekom Yusuf – Gus Riza Maju di Pilbub Banyuwangi 2020.

BERITA9, BANYUWANGI – Walau belum menemukan pasangan koalisi, Dalam Pilbub Banyuwangi 2020, Partai Demokrat sudah mentukan arah. Paratai besutan SBY yang saat ini diketuai oleh Agus Harimurti Yudhoyono, (AHY) menjatuhkan rekomendasinya pada Yusuf widyatmoko dan KH. Muhamad Riza Aziziy, sebagai pasangan Calon Bupati (Cabup) dan Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup).

Seperti diketahui, walaupun belum mendapat dukungan mitra koalisi dari partai lain, Ketua DPC Demokrat Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto telah mengumumkan dan  rekomendasi pasangan calonnya  pada Kamis, (20/8/2020).

” Kabar yang beredar itu benar adanya, kalau Pak Ketua Umum (Ketun) dalam hal ini Pak AHY, telah memberi SK dan memilih Yusuf Widyatmoko dan Gus Riza, putra KH. Hisyam Safaat, pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Blokagung, sebagai calon pasangan dalam pilbup Banyuwangi 2020 mendatang,” ucapnya di Hotel Asron Banyuwangi.

“Apa yang beredar, video maupun SK itu benar. SK yang dipilih oleh ketua umum saya, AHY, adalah Pak Yusuf dan Gus Riza, putra dari KH Hisyam Safaat pengasuh Ponpes Blokagung,” katanya di Hotel Aston Banyuwangi.

Kita menyadari, kata Michael, dalam keputusan ini, Partai Demokrat menanggung resiko yang besar. Kenapa hal ini kita lakukan, supaya tidak terjadi lawan bumbung kosong makanya Demokrat pilih mengusung calon meskipun belum ada mitra koalisi.

“Sebagai ketua Partai Demokrat, kami sudah bertekad untuk membantu rakyat melalui Partai Politik (Parpol) .Partai mana yang mau bergabung kita tidak peduli. Dan kami sudah perintahkan Pak Yusuf untuk mencari koalisi,” terangnya.

Sebenarnya, masih kata dia, Partai Demokrta,  sudah berupaya melakukan pendekatan dengan Partai – Partai lain untuk membangun koalisi. Diantaranya dengan Golkar, PKB dan Gerindra. Namun seiring waktu berjalan komunikasi tersebut kerap kali berubah ubah.

Mulai bulan Januari 2020, Partai Demokrata sudah melakukan pencarian figur Cabup dan Cawabup Banyuwangi. Setelah melalui tahapan seleksi yang ketat, ahirnya muncul 8 nama yang menguat. Dari 8 nama ahirnya mengerucut menjadi tiga nama yang ahinya DPP menyetujui dua nama.

“Dua nama tersebut adalah Bu Ipuk Fiestiandani dan Pak Yusuf Widyatmoko. Namun  ahirnya Partai Demokrat sepakat mengusung Pak Yusuf,” ujar Ketua DPC Demokrat sekaligus Wakil Ketua DPRD Banyuwangi.

Nama Gus Riza, lanjut Michael, itu  masukan dan pilihan dari Pak Yusuf Widyatmoko. Awalnya Pak Yusuf memilih Ahmad Munib Safaat (Gus Munib) sebagai  wakil Bupati. Namun ternyata Gus Munib kurang berkenan.

Setelah kita tanyakan kepada beliau, lalu siapa yang bisa mendampingi Pak Yusuf, selain Gus Munif. Belia menjawab Gus Riza. Dan atas komunikasi tersebut nama mereka kita bawa ke DPP, sehingga Ketum AHY memberikan rekomnya pada Yusuf Widyatmoko dan Gus Riza, untuk maju di Pilbub Banyuwangi 2020,” pungkasnya. (red)

Repoeter: Haris.

loading...

News Feed